Selasa 11 Jun 2024 21:33 WIB

Tundukkan Filipina, Indonesia Cetak Sejarah Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Indonesia finis di posisi kedua Grup F setelah mengalahkan Filipina 2-0.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain timnas Indonesia Thom Haye melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Filipina pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Indonesia sementara unggul 1-0.
Foto:

Babak kedua, tak ada pergantian pemain dari Indonesia dan Filipina. The Azkals kini bermain lebih menyerang sehingga menciptakan celah untuk dieksploitasi para pemain Indonesia.

Sejumlah peluang kembali tercipta. Sayangnya, sentuhan akhir yang tak maksimal membuat gol urung tercipta. 

Hingga pada satu momen Ragnar Oratmangoen dilanggar di sisi kanan luar kotak penalti Filipina. Indonesia mendapatkan tendangan bebas yang dihadapi Thom Haye dan Nathan Tjoe A On.

Nathan kemudian mengeksekusi bola. Sepakan kaki kirinya mengarahkan bola ke tiang dekat. Rizky lebih dulu menyambut dengan kepalanya untuk menaklukkan kiper Mendoza. Skor 2-0 untuk Indonesia.

Filipina mencoba untuk membalas gol, tapi bisa diredam barisan pertahanan Indonesia. Sempat terjadi insiden tabrakan pemain Filipina Adrian Ugelvik dengan kiper Ernando yang membuat laga terhenti sejenak. Adrian terjatuh dengan kepala mendarat ke rumput. Setelah mendapatkan perawatan, Adrian langsung dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans.

Setelah tujuh menit waktu tambahan usai, skor tetap tak berubah untuk kemenangan Indonesia.

Pelatih Shin Tae-yong mengatakan sejak awal ia menyiapkan timnya dengan baik untuk menghadapi Filipina. "Kemenangan ini berkat kerja keras para pemain. Ke depannya, kami akan terus bekerja untuk mendapatkan hasil yang baik," kata Shin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement