Senin 10 Jun 2024 13:02 WIB

Dallas Mavericks Masih tak Berdaya di Gim Kedua Final NBA, Boston Celtics Kini Unggul 2-0

Boston mengalahkan Dallas 105-98 untuk memimpin 2-0 dalam seri the best of seven.

Forward Boston Celtics Jayson Tatum menjaga guard Dallas Mavericks Luka Doncic (kanan) pada game kedua final NBA 2024, Senin WIB, 10 Juni 2024.
Foto: AP Photo/Steven Senne
Forward Boston Celtics Jayson Tatum menjaga guard Dallas Mavericks Luka Doncic (kanan) pada game kedua final NBA 2024, Senin WIB, 10 Juni 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BOSTON -- Dallas Mavericks kini bisa berhenti mengkhawatirkan pemain terbaik Boston Celtics pada rangkaian final NBA tahun ini. Sebab, semua pemain Celtics berkontribusi maksimal dalam upaya mereka meraih gelar ke-18 NBA ke-18 yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Jrue Holiday mencetak 26 poin dan 11 rebound, dan Derrick White berlari di lapangan, membuat blok yang memupus peluang terakhir Mavericks untuk comeback pada gim kedua Final NBA, Senin (10/6/2024) dini hari WIB. Jayson Tatum dan Jaylen Brown juga memberikan kontribusi dengan umpan dan solidnya pertahanan mereka saat Boston mengalahkan Dallas 105-98 untuk memimpin 2-0 dalam seri the best of seven. Artinya, Celtics tinggal butuh dua kemenangan lagi untuk menjadi juara.

Baca Juga

Tatum tak maksimal dalam poin meskipun ia mencetak 18 angka. Namun ia menebusnya dengan 12 assist dan sembilan rebound di TD Gardem. Brown mencetak 21 poin dengan tiga steal, White mencetak 18 poin dan tiga steal.

“Itulah mengapa mereka adalah tim No. 1 di NBA dengan rekor No. 1,” kata bintang Mavericks Luka Doncic, yang mencetak 32 poin dengan 11 rebound dan 11 assist - triple-double pertama di Final NBA Finals dalam sejarah franchise Dallas. "Mereka memiliki banyak pemain hebat. Pada dasarnya, siapa pun bisa turun."

 

Doncic, yang terdaftar sebagai pemain yang diragukan bermain kurang dari dua jam sebelum tipoff pembukaan, mencatatkan triple-double ke-10 dalam kariernya di playoff. Namun ia hanya mencetak tiga poin di kuarter keempat, mengonversi sebuah lemparan tiga angka dengan 1:15 tersisa saat Dallas mencetak sembilan angka berturut-turut untuk memangkas defisit 14 poin menjadi 103-98.

Setelah Derrick Jones Jr. memblokir upaya dunk Tatum, White berlari menyusuri lapangan, bergabung dengan Brown untuk menepis potensi dunk P.J. Washington. Andai masuk, selisih poin tinggal tiga dan laga akan semakin menegangkan.

Sebaliknya Brown kemudian melakukan layup di ujung lapangan, dan Doncic melewatkan floater dengan satu kaki dengan 28 detik tersisa, mengakhiri peluang terakhir Dallas untuk bangkit.

"Ini bukan hanya tentang dia. Ini adalah sebuah tim,” kata pelatih Dallas, Jason Kidd, tentang Doncic, yang telah berjuang melawan cedera dada, lutut, dan pergelangan kaki. "Dia menempatkan kami pada posisi yang tepat. Dia sangat bagus malam ini. Sayangnya, kami tidak bisa mengatasi hal tersebut. Kami harus menemukan seseorang untuk bergabung dengan Luka dan (Kyrie Irving) dalam kategori mencetak angka."

Game 3 dan 4 akan berlangsung pada Kamis dan Sabtu WIB di Dallas. Mereka akan mencoba meuntuhkan rekor Boston belum pernah kalah dalam laga tandang di postseason ini. Ini adalah kesembilan kalinya Celtics memenangkan pertandingan pembuka di Final NBA: Mereka telah memenangkan delapan pertandingan sebelumnya, dan tidak pernah dipaksa untuk memainkan Game 7 dalam pertandingan tersebut.

Sehari setelah Kidd mencoba untuk menabur perselisihan di ruang ganti Celtics dengan menyebut Brown - bukan Tatum, seorang pemain di NBA First Team, mereka menunjukkan mengapa hal tersebut tidak penting. Kedua pemain All-Star ini hanya memasukkan 2 dari 12 percobaan tembakan 3 angka, tapi mereka masih bisa menemukan cara berbeda untuk mendapatkan angka.

“Cara mereka bermain bersama adalah sesuatu yang sakral, dan sesuatu yang tidak dapat dipatahkan,” kata Holiday. "Saya tidak lebih menyukai salah satunya, saya lebih menyukai keduanya. Karena mereka berdua adalah superstar, dan mereka menunjukkannya di panggung terbesar di dunia."

Pelatih Celtics Joe Mazzulla juga mengaku lelah mendengar ocehan tentang pemain terbaik di timnya. Ia menegaskan, lebih suka membahas soal permainan bola basket Celtics secara tim. “Semua orang yang masuk ke lapangan hari ini membuat permainan yang memenangkan pertandingan di kedua ujung lapangan,” tegasnya.

Tidak seperti kemenangan 107-89 mereka di Game 1, ketika Boston mencetak 7 dari 15 tembakan 3 poin di kuarter pertama untuk mencatatkan keunggulan 17 poin, Celtics gagal dalam delapan percobaan pertama dari jarak jauh kali. Dallas memimpin sepanjang kuarter pertama.

Tatum tidak mencetak angka pada kuarter pertama dan hanya mencetak lima angka saat turun minum, ketika ia belum juga memasukkan satu pun tembakan dari tiga kali percobaan tiga angka. Boston masih hanya 5 dari 30 dari jarak jauh ketika Pritchard melakukan lemparan setengah lapangan saat buzzer kuarter ketiga untuk memberi Boston keunggulan 83-74.

Hal tersebut menggembirakan para penonton, yang sebelumnya telah menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menyanyikan lagu-lagu yang menyindir Irving - dan juga nyanyian-nyanyian semi vulgar. Sebelum pertandingan, papan skor menunjukkan kutipan Irving setelah pertandingan dari Game 1, di mana dia mengatakan bahwa dia pikir penonton akan lebih keras. Para penggemar pun bersorak.

Irving, yang mencetak 16 poin, telah kalah dalam 12 pertandingan berturut-turut melawan Celtics.

“Sedikit kecewa dengan diri saya sendiri karena tidak dapat mengonversi lebih banyak peluang saya di lane,” katanya. “Rekan-rekan setim saya mengharapkan saya untuk mengkonversi banyak tembakan dan mengurangi beban tidak hanya pada Luka tetapi juga seluruh tim.”

sumber : AP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement