Senin 10 Jun 2024 07:54 WIB

BPBD Kalsel Terus Bergerak Bantu Masyarakat Terdampak Banjir

Aksi bersama ini bagian dari kolaborasi lintas instansi.

TRC BPBD Kalsel bergerak selamatkan masyarakat terdampak banjir di Tanah Bumbu.
Foto: BPBD Kalsel
TRC BPBD Kalsel bergerak selamatkan masyarakat terdampak banjir di Tanah Bumbu.

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH BUMBU -- Penanganan bencana banjir oleh Tenaga Kebencanaan atau Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan bersama lintas instansi terus bergerak membantu masyarakat terdampak banjir di sejumlah Kecamatan, di Kabupaten Tanah Bumbu.

Rizky Ramadan, Koordinator Lapangan Tim TRC BPBD Kalsel, Ahad (9/6/2024) malam menuturkan, aksi bersama ini bagian dari kolaborasi lintas instansi seperti  BPBD Kabupaten Tanah Bumbu, TNI/ POLRI,  pekerja sosial relawan bencana, organisasi sosial kemasyarakatan dan elemen lainnya.

Baca Juga

Setelah melaksanakan koordinasi dan briefing, lanjut Risky, bersama tim gabungan posko penanganan banjir Kabupaten Tanah Bumbu, TRC BPBD Kalsel melakukan peninjauan lapangan bersama. Berdasarkan Ahad pagi, tingkat ketinggian permukaan air di beberapa kecamatan mulai turun.

Seperti di Kecamatan Karang Bintang, Kuranji, dan Kecamatan Batulicin. Kondisi sama juga di  Kecamatan Sungai Loban, Kusan Hulu, Teluk Kepayang, dan Kecamatan Satui. Sedang jumlah masyarakat terdampak banjir ada  8 kecamatan dan 39 desa dengan total warga terdampak berjumlah5.545 kk 19.241 jiwa.

Masih menurut Risky, fokus penanganan sementara di hari itu di lokasi  Kecamatan Kusan Tengah. Di mana kecamatan ini ada 3 desa tingkat ketinggian air cukup tinggi seperti Desa Karya Bakti, Tanjung Serang, dan Salimuran.

Kegiatan bersama, diawali brifing pagi dan penyusunan rencana operasi, kemudian tim Melakukan observasi di lokasi setiap desa yang diakses menggunakan Perahu, Suport Pendistribusian bantuan dari YBMPLN Kalimantan dan KSOP.

Selama pemantauan ke lokasi tim juga memberikan pengetahuan tentang antisipasi hewan melata pada warga pengungsi desa salimuran. Urut bersama tim, Sekda Kabupaten  Tanah Bumbu sekaligus pendistribusian bantuan.

Kepala BPBD Prov Kalsel R. Suria Fadliansyah, S.Pd, M.Pd mengatakan, aksi bersama ini merupakan arahan langsung Gubernur Kalsel Paman Birin , agar BPBD dan SKPD terkait  di lingkungan Provinsi Kalsel bertindak cepat dan sigap memberikan bantuan.

Surya menambahkan, BPBD  Kalsel juga terus memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat untuk antisipasi jika ada potensi susulan .

Apabila hujan turun di bagian hulu ada kemungkinan di wilayah Kecamatan Kusan Tengah debit airnya meningkat. Hingga malam Tim BPBD Kalsel bersama lintas instansi masih berada di lapangan.

"Polisi kami saat ini ada di Kecamatan Pagatan. Kami terus memantau setiap kondisi tingkat ketinggian air di setiap kecamatan terdampak, " terang Mansyah, anggota TRC BPBD Provinsi Kalsel. saat dikonfirmasi via telepon.

 

photo
BPBD Kalsel tangani banjir di Tanah Bumbu. - (BPBD Kalsel)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement