Jumat 07 Jun 2024 14:21 WIB

Ini Bom Presisi Buatan AS yang Dipakai Israel untuk Hancurkan Kamp Pengungsi Gaza

Pecahan dua bom berdiameter kecil GBU-39 diduga merupakan buatan AS.

Warga Palestina menyaksikan dampak serangan Israel terhadap sekolah milik PBB yang menewaskan puluhan orang di kamp pengungsi Nusseirat di Jalur Gaza, Kamis, 6 Juni 2024
Foto:

Sebuah laporan CNN pekan lalu menemukan bahwa jenis bom yang sama, GBU 39 buatan AS, digunakan oleh Israel dalam serangan Israel di kamp pengungsi di Rafah, kota paling selatan di Gaza.

Serangan tersebut, menewaskan sedikitnya 45 orang dan melukai lebih dari 200 orang. Serangan itu menimbulkan gelombang protes dan kemarahan di seluruh dunia setelah muncul video para korban.  Salah satu adegan menunjukkan bagaiman kondisi tubuh korban hangus dan seorang anak yang ikut terbunuh tanpa kepala.  

GBU-39 adalah bom presisi tinggi yang dirancang untuk menyerang sasaran titik penting yang strategis. Selama beberapa bulan terakhir, kelompok hak asasi manusia Amnesty International mendokumentasikan beberapa kasus di mana pasukan Israel menggunakan senjata yang dipasok AS untuk membunuh warga sipil Palestina.

photo
Bagaimana AS Terlibat Genosida di Gaza? - (Republika)

Pemerintahan Biden awal tahun ini menentukan apakah senjata yang dipasok ke Israel melanggar hukum internasional ataukah tidak.  

Setelah mengeluarkan laporan akhir mengenai masalah ini bulan lalu, pemerintah mengatakan ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa Israel menggunakan senjata yang dipasok AS dan melanggar hukum internasional.

Namun, pada akhirnya AS tetap tidak dapat membuat keputusan konkrit, sebuah kesimpulan yang dikritik habis-habisan oleh para ahli hukum dan kelompok hak asasi manusia.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement