Kamis 06 Jun 2024 21:13 WIB

Laju Manufaktur Melandai, PAN Siapkan Solusi Indonesia Menjadi Basis Ekspor

Sektor Manufaktur tidak hanya menyumbang banyak tenaga formal.

Sekjen PAN Eddy Soeparno
Foto: PAN
Sekjen PAN Eddy Soeparno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintahan Prabowo-Gibran ke depan akan dihadapkan pada masalah laju manufaktur Indonesia yang melandai dalam 20 tahun terakhir. 

Padahal sektor Manufaktur tidak hanya menyumbang banyak tenaga formal tetapi juga menjadi sarana bagi Indonesia untuk mencapai masyarakat dengan pendapatan tinggi.

Baca Juga

Menanggapi hal ini, Sekjen PAN Eddy Soeparno menegaskan PAN akan memastikan penguatan sektor industri dan manufaktur karena merupakan salah satu program prioritas pemerintahan Prabowo-Gibran. 

"Sejak awal komitmen PAN bersama Prabowo-Gibran adalah Indonesia tidak boleh menjadi basis pasar saja, tetap harus menjadi basis produksi untuk ekspor," kata Eddy di Jakarta, Kamis (6/6). 

 

Pimpinan Komisi VII DPR RI ini menjelaskan, pembangunan industri merupakan penyerap tenaga kerja terampil dan terdidik yang terbaik. Namun lebih daripada itu, kebijakan pemerintahan di sektor ini nantinya akan diarahkan untuk menambah nilai dari produk yang diolah industri dalam negeri. 

"Karena itu PAN akan memastikan pemerintahan ke depan memprioritaskan industri dan manufaktur. Bukan hanya karena menyerap tenaga kerja saja, namun industri dan manufaktur akan menambah nilai dari produk yang diolah industri dalam negeri," ungkapnya. 

Eddy menyampaikan upaya meningkatkan daya saing industri dalam negeri dilakukan seiring sejalan dengan memperbaiki kondisi berusaha mulai dari kemudahan dan percepatan proses perizinan, mengurai kendala koordinasi antar kementrian/lembaga sampai pada ketersediaan bahan bakar yang murah dan ramah lingkungan”.

"PAN akan terlibat aktif untuk terus meningkatkan daya saing industri dan menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor untuk produk-produk unggulan mulai dari alas kaki, tekstil, baterai dan produk high tech lainnya," 

"Saat ini kontribusi industri terhadap PDB adalah 18 persen. Idealnya mencapai 28-30 persen. Kita pernah mencapai 28 persen pada tahun 2000 dan 22 persen di tahun 2002. Ini yang terus kita usahakan sehingga berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi," tutup Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat III Kota Bogor dan Cianjur ini.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement