Kamis 06 Jun 2024 13:24 WIB

Dokter Bidang Olahraga PBSI : Air Mineral Berkualitas Kunci Menjaga Performa Atlet

Para penikmat bulutangkis akan menyaksikan penampilan terbaik.

Persiapan Indonesia Open 2024 pada 4-9 Juni di Istora Gelora Bung Karno Jakarta.
Foto: Dok. PP PBSI
Persiapan Indonesia Open 2024 pada 4-9 Juni di Istora Gelora Bung Karno Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Turnamen bulutangkis kelas internasional, Indonesia Open 2024, telah bergulir mulai tanggal 4 kemarin hingga 9 Juni mendatang di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Turnamen ini didukung oleh Le Minerale, yang kembali dipercaya sebagai official mineral water untuk tahun 2024. Para penikmat bulutangkis akan menyaksikan penampilan terbaik para pebulutangkis kelas dunia di kejuaraan paling bergengsi di Tanah Air ini. Pertandingan seru yang tersaji sejak babak awal dipastikan akan menguras stamina dan kebugaran atlet di arena pertandingan.

Untuk itulah, dukungan air mineral seperti Le Minerale menjadi sangat penting. Konsumsi air mineral dengan kandungan mineral berkualitas tinggi tidak hanya membantu menjaga hidrasi yang optimal, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular dan kinerja otot selama aktivitas fisik dengan intensitas tinggi. Dengan demikian, para atlet dapat menjaga performa puncak mereka hingga akhir pertandingan dan tetap bugar untuk merebut gelar juara.

Baca Juga

“Para atlet sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air mineral dengan kandungan mineral yang berkualitas, sehingga akan sangat berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular serta kinerja otot selama aktivitas fisik yang memerlukan intensitas tinggi. Air mineral dengan mineral berkualitas selain dapat mengganti cairan tubuh yang hilang, juga paling penting fungsinya untuk membantu menggantikan mineral tentunya,” ujar dr. Tjahyadi Soegiono dari Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang bertugas di ajang Indonesia Open 2024, dikutip pada Kamis (6/6/2024).

Menurut dr. Tjahyadi, air dengan kandungan mineral yang berkualitas sangat berperan penting dalam menjaga kebugaran atlet mengingat mineral sangat diperlukan untuk meningkatkan performa atlet dalam berlatih maupun bertanding. Kekurangan mineral dipastikan akan menurunkan performa dan menyulitkan atlet untuk rekondisi (recovery) fisiknya.

 

“Konsumsi cairan dan mineral yang kurang pada atlet otomatis akan menyebabkan kekurangan cairan dan turunnya metabolisme tubuh. Dehidrasi sendiri akan dapat menyebabkan gangguan salah satunya pada fungsi otak, seperti kesulitan berkonsentrasi, penurunan memori dan gangguan mood. Sedangkan untuk metabolisme tubuh, yang paling sering adalah menyebabkan terjadinya kram otot pada atlet dan sulit untuk recovery,” ungkap dr. Tjahyadi.

Untuk itulah sebagai dokter pendamping para atlet, dr. Tjahyadi selalu menyarankan atletnya rutin mengonsumsi air mineral yang sudah dipastikan kualitas mineralnya.

Ketika ditanya mengenai Le Minerale yang dipercaya pihak penyelenggara Indonesia Open 2024 sebagai official mineral water, dr. Tjahyadi mengatakan, dirinya menyambut baik penunjukkan kembali tersebut, karena perannya dalam empat tahun terkahir ini sebagai official mineral water sudah membuktikan keunggulan Le Minerale yang memiliki mineral esensial berkualitas yang membantu memenuhi kecukupan mineral tubuh.

“Menurut saya, Le Minerale adalah salah satu produk air mineral yang terbaik, karena selain mengandung mineral esensial berkualitas, juga mampu mengedukasi masyarakat atau para konsumennya dengan menampilkan informasi mineral yang terkandung dalam produk air mineralnya pada kemasan yang dibuat. Ini sangat penting untuk memastikan kandungan mineral di dalamnya,” ungkap dr. Tjahyadi.

Tenaga kesehatan yang kerap bertugas di Bidang Kesehatan turnamen internasional yang diselenggarakan PBSI ini mengatakan, untuk menjadi official mineral water harus produk yang memiliki standar tinggi dan pastinya melewati seleksi yang ketat. “Ini sudah melalui kontrol kualitas yang ketat. Saya pun sudah memeriksa standar Le Minerale dan benar memenuhi standar internasional sebagai air mineral berkualitas yang dibutuhkan atlet,” kata dr. Tjahyadi.

Lebih jauh dokter ramah ini mengatakan, selain untuk atlet, air mineral dengan mineral berkualitas seperti Le Minerale, dianjurkan untuk konsumsi oleh semua orang, bukan hanya atlet. Dirinya melihat, Le Minerale sebagai air mineral berkualitas memiliki syarat fisik yakni jernih dan bersih serta bebas dari bakteri maupun logam berat, serta memenuhi standar sehat karena kandungan mineralnya.

“Le Minerale juga cocok dikonsumsi setiap hari oleh semua orang di segala usia.Karena Le Minerale memiliki keunggulan dengan adanya unsur mineral esensial berkualitas dan seimbang, serta bebas dari bakteri apalagi dengan adanya seal pada tutupnya yang membuat standar higienitasnya semakin tinggi,” imbuhnya.

Dengan komitmen Le Minerale dalam menyediakan air mineral berkualitas tinggi, para atlet di Indonesia Open 2024 dapat fokus pada penampilan terbaik mereka di lapangan, tanpa khawatir akan kebugaran dan kecukupan cairan tubuh. 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement