Senin 03 Jun 2024 18:08 WIB

Kemenkes Revitalisasi 3 RS di Jakarta, Salah Satunya Dapat Hibah Rp 1 Triliun dari Jepang

Kemenkes berencana melakukan revitalisasi tiga rumah sakit besar di DKI Jakarta.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin memberikan sambutan saat peringatan Hari Kanker Sedunia di Indonesia Design District, PIK 2, Ahad (4/2/2024).
Foto: Dok Republika
Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin memberikan sambutan saat peringatan Hari Kanker Sedunia di Indonesia Design District, PIK 2, Ahad (4/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana melakukan revitalisasi tiga rumah sakit besar di DKI Jakarta. Tiga rumah sakit yang akan direvitalisasi adalah RS Harapan Kita Ibu dan Anak, RS Harapan Kita Jantung, dan RS Dharmais.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya telah meminta izin langsung kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk merevitalisasi tiga rumah sakit besar itu. Revitalisasi itu dilakukan agar tiga rumah sakit itu bisa terintegrasi.

Baca Juga

"Saya datang menghadap Pak Gubernur karena mau minta izin kita mau merevitalisasi tiga rumah sakit besar," kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (3/6/2024).

Ia menjelaskan, nantinya akan dibuatkan taman di antara tiga rumah sakit itu. Menurut dia, nantinya juga akan dibuatkan akses untuk transportasi publik, seperti bus dan LRT, ke tiga rumah sakit tersebut. Selain itu, di bagian belakang juga akan dibuatkan akses untuk ambulans agar bisa keluar/masuk jalan tol.

 

"Kami ada rencana merevitalisasi kawasannya bisa menjadi satu kawasan yang terintegrasi," ujar Budi.

Menurut dia, pembangunan di RS Dharmais saat ini sudah mulai dilakukan. Ditargetkan, pembangunan bangunan dengan 20 lantai itu rencananya dapat selesai pada tahun ini dan akan diresmikan oleh Presiden.

Setelahnya, pihaknya juga akan melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking revitalisasi RS Harapan Kita Jantung. Adapun dananya akan menggunakan grand hibah Rp 1 triliun dari Jepang.

"Kami akan bangun 21-22 tingkat. Nah kemudian tinggal yang Harapan Kita Ibu Anak itu yang sedang kita cari pendanaannya, tapi 2 gedung sudah ada, sudah jadi," kata dia.

Sementara itu, Heru mengatakan, pihaknya akan mempermudah proses perizinan revitalisasi tiga rumah sakit tersebut. Apalagi, revitalisasi itu dilakukan untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

"Jadi semua perizinan nanti kami mudahkan. Semua yang diharapkan, diinginkan oleh Pak Menteri tadi kami sudah bahas," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement