Ahad 02 Jun 2024 23:40 WIB

Djokovic Berlaga Hingga Dini Hari di French Open demi Samai Rekor Federer

Novak Djokovic berhasil menyamai rekor kemenangan Roger Federer di Grand Slam.

Novak Djokovic
Foto: AP Photo/Asanka Brendon Ratnayake
Novak Djokovic

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Novak Djokovic terhindar dari kekalahan terburuknya di French Open dalam 15 tahun pada Ahad (2/6/2024) dini hari waktu setempat, sekaligus untuk menyamai rekor kemenangan Roger Feder di Grand Slam. Juara bertahan dan pemenang gelar Grand Slam 24 kali Djokovic bangkit dari ketertinggalan dua set untuk mengalahkan petenis Italia Lorenzo Musetti 7-5, 6-7 (6/8), 2-6, 6-3, 6-0 pada pukul 03.07 waktu Paris.

Pertandingan yang dimenangi setelah empat jam 29 menit tersebut juga membuat petenis peringkat satu dunia berusia 37 tahun itu menyamai rekor Federer dengan 369 kemenangan pertandingan Grand Slam. Hadiah dari kemenangan itu adalah pertemuan dengan petenis Argentina Francisco Cerundolo untuk memperebutkan tempat di perempat final.

Baca Juga

"Saya perlu mengucapkan selamat kepada Lorenzo Musetti, sayang sekali seseorang harus kalah," kata Djokovic, seperti disiarkan AFP, Ahad.

"Dia memainkan pertandingan yang luar biasa. Dia sangat, sangat dekat dengan kemenangan."

 

 

Saat itu hampir pukul 22:45 pada Sabtu malam ketika Djokovic dan Musetti akhirnya turun ke Lapangan Philippe Chatrier setelah hujan hari ketujuh memaksa penyelenggara untuk mengadakan pertandingan tambahan di lapangan tertutup. Djokovic mendapatkan break awal pada set pertama dan kembali melakukan break pada gim ke-12 untuk mengamankan set pembuka.

Dia unggul 3-1 pada set kedua sebelum dia kembali tertekan pada gim ketujuh saat menyia-nyiakan satu set point pada tie-break. Musetti, yang terkenal unggul dua set atas Djokovic di turnamen 2021 sebelum mundur pada set penentuan karena cedera, tiba-tiba menjadi lebih segar dari keduanya saat jam terus berjalan menuju pukul 2 pagi.

Dia menyapu bersih set ketiga berkat double break. Namun, dalam kebangkitan yang menakjubkan, Djokovic memunculkan semangat juang dan kegigihan khasnya untuk menyamakan kedudukan melalui double break pada set keempat.

Musetti, 15 tahun lebih muda dari Djokovic, tiba-tiba melihat harapannya memudar ketika bintang Serbia itu menyelesaikan kemenangan dengan pukulan forehand-nya setelah mencatatkan kemenangan 11 dari 12 gim terakhir.

Sementara itu, unggulan kelima Daniil Medvedev mengalahkan Tomas Machac 7-6(7/4), 7-5, 1-6, 6-4 untuk mencapai babak 16 besar untuk ketiga kalinya. Petenis Kanada Felix Auger-Aliassime memastikan pertandingan putaran keempat melawan Carlos Alcaraz setelah mengalahkan petenis AS Ben Shelton 6-4, 6-2, 6-1.

Casper Ruud, runner-up setelah Nadal dan kemudian Djokovic dalam dua tahun terakhir, mengalahkan petenis Argentina Tomas Etcheverry 6-4, 1-6, 6-2, 6-2 dalam pertandingan yang berakhir sesaat sebelum pukul 1 dini hari. Ia akan menghadapi Taylor Fritz yang mengalahkan Thanasi Kokkinakis dalam lima set.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement