Jumat 24 May 2024 18:02 WIB

Instruksi Megawati kepada Kader di Rakernas Bak Isyarat PDIP akan Jadi Oposisi

Megawati hari ini berpidato di Rakernas V PDIP yang tak undang Presiden Jokowi.

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politk saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024). Rakernas Ke-V PDIP dihadiri langsung oleh sebanyak 4.858 peserta yang terdiri dari fungsionaris DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai, Anggota DPR RI, badan dan sayap partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16 negara, Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDIP, serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent. Rakernas V PDIP digelar pada 24-26 Mei 2024 dengan mengusung tema Satyam Eva Jayate:Kebenaran Pasti Menang dan subtema Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran.
Foto:

Diketahui, PDIP menggelar Rakernas V di Beach City International Ancol pada 24 sampai 26 Mei 2024. Tema utama forum tersebut mengusung Satyam Eva Jayate yang artinya kebenaran pasti menang.

Forum tersebut juga memiliki subtema, yakni "Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya". Rakernas akan menjadi forum partai berlambang kepala banteng itu untuk membahas tiga agenda utama.

"Pertama tentang sikap dan posisi politik PDI Perjuangan," ujar Ketua DPP PDIP yang juga Ketua Steering Committee Rakernas V, Djarot Saiful Hidayat di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Agenda kedua Rakernas V PDIP adalah membahas program-program kerakyatan yang akan diusung PDIP. Terakhir, membicarakan strategi pemenangan untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Rakernas V PDIP juga menjadi tempat menggelorakan semangat tiga pilar partai, yakni struktural partai, legislatif partai, dan eksekutif partai. Guna menggelorakan semangat juang, forum tersebut akan diawali dengan menyalakan api dari Api Abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

"Rencana api perjuangan akan menempuh perjalanan sepanjang 526 km, melewati 20 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, dan akan sampai di Jakarta pada tanggal 23 Mei 2024," ujar Djarot.

Ketua DPP PDIP, Said Abdullah mengatakan, bahwa partainya tidak mengenal istilah oposisi. Sebab sistem pemerintahan di Indonesia mengenal presidensial, bukan parlementer.

"Rakernas tidak dalam forum dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan. Karena apa, karena itu sudah disepakati itu adalah prerogatif Ibu Ketum," ujar Said di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (20/5/2024).

Capres yang diusung PDIP di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo sudah menegaskan dirinya akan mengambil sikap oposisi terhadap pemerintahan mendatang. Menurutnya, sikap tersebut juga merupakan bentuk penghormatan kepada pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang keluar sebagai pemenang kontestasi.

"Ini sebagai sebuah penghormatan saya kepada pemenang dan menunjukkan sikap kepada publik, kami tidak di pemerintahan," ujar Ganjar kepada wartawan di Kantor Dewan Pimpinan Nasional Barikade '98, Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Ganjar pun yakin partai berlambang kepala banteng itu akan mengambil sikap yang sama dengannya. "Partai nanti tentu akan memutuskan pada saat di rakernas nanti dan itulah pendidikan politik yang mesti kita berikan kepada masyarakat. Bahwa dalam sebuah kontestasi tidak hanya sekadar berebut kursi dan dibagi-bagi, tetapi ada value, ada program," ujar Ganjar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement