Rabu 26 Jun 2024 10:15 WIB

Kalahkan Chile, Argentina Lolos ke Perempat Final Copa America 2024

Argentina memuncaki Grup A Copa America dengan dua kemenangan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang Argentina Lautaro Martinez merayakan golnya ke gawang Chile pada laga Grup A Copa America 2024.
Foto: AP Photo/Pamela Smith
Penyerang Argentina Lautaro Martinez merayakan golnya ke gawang Chile pada laga Grup A Copa America 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Argentina memastikan lolos ke babak delapan besar Copa America 2024. Kepastian tim Tango lolos didapatkan setelah mengalahkan Chile 1-0 pada laga kedua Grup di MetLife Stadium, New Jersey Amerika Serikat.

Lautaro Martinez yang dimasukan pada menit ke-73 oleh pelatih Lionel Scaloni akhirnya menjadi penentu kemenangan Argentina atas Chile. Gol penyerang Inter Milan ini memastikan Argentina mengoleksi nilai enam dari dua laga dan dipastikan ke delapan besar.

Baca Juga

Setelah tanpa gol pada babak pertama, Argentina mendominasi paruh kedua. Menit ke-49, tendangan keras Nahuel Molina dalam kotak penalti melanjutkan umpan Lionel Messi masih dihalau kiper Chile Claudio Bravo. Semenit berselang, tendangan Lisandro Martinez masih membentur pemain Chile.

Menit ke-56, kiper Chile kembali menggagalkan peluang Argentina dari tendangan bebas. Claudio Bravo mampu menjemput bola sontekan Alexis MacAllister meneruskan operan bola mati tersebut.

Claudio Bravo kembali menjadi sosok tangguh di bawah gawang Chile. Tendangan keras Nicolas Gonzales pada menit ke-61 dari dalam kotak penalti masih ditepisnya. Walau sempat kena mistar gawang, bola kemudian mampu dibuang pemain Chile.

Menit ke-67, Messi memberikan ancaman berikutnya. Sayang sontekannya masih sedikit di atas mistar gawang. Ini menjadi peluang ke-17 untuk Argentina, enam di antaranya tepat sasaran atau mengarah ke gawang.

Peluang itu menunjukkan betapa Argentina sangat dominan pada pertandingan ini. Chile sendiri tak mampu melakukan tendangan ke gawang Aregntina hingga 70 menit laga berjalan. Baru pada menit ke-72 pemain Chile memberi ancaman dengan tendangan keras Igor Lichnivsky, tapi masih ditahan kiper Argentina, Emiliano Martinez.

Menit ke-75 Chile kembali mengancam kali ini melalui tendangan keras Rodrigo Echevarria. Namun bola masih bisa diblok kiper Martinez.

Menit ke-87 tendangan pojok Messi yang langsung mengarah ke gawang, ditepis Claudio Bravo, membuat tendangan pojok kembali diambil oleh bintang tim Inter Miami tersebut. Terjadi kemelut di kotak penalti Chile. Bola liar langsung ditendang Lautaro Martinez untuk menjebol gawang Chile.

Wasit kemudian mendapat arahan untuk melakukan tinjauan VAR. Apakah ada potensi pelanggaran terlebih dahulu. Setelah berdiskusi dengan tim VAR, diputuskan gol Argentina sah. Skor berubah 1-0.

Menit 90+5 Lautaro Martinez berpeluang menambah gol. Sayangnya, mpan Angel Di Maria yang sangat matang gagal dimaksimalkan Martinez. Tinggal berhadapan dengan Bravo, tapi tendangan Martinez masih digagalkan. Laga pun berakhir 1-0 untuk kemenangan Argentina.

Selanjutnya Argentina akan bertemu Peru pada Ahad (30/6/2024) pukul 07.00 WIB, sedangkan Chile akan menghadapi Kanada pada hari yang sama.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement