Selasa 21 May 2024 17:20 WIB

Bertambahnya Partai Politik yang Siap Usung Anies di Pilgub Jakarta 2024

Anies mempertimbangkan tawaran sejumlah parpol untuk maju lagi di Pilgub Jakarta.

Anies Baswedan menyatakan sedang menimbang tawaran parpol untuk ikut Pilgub Jakarta 2024.
Foto:

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pun tidak menutup pintu untuk siapapun diusung dalam Pilgub Jakarta 2024. Termasuk terhadap Anies Baswedan, capres yang diusung PKS bersama dengan Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) atau Koalisi Perubahan dalam Pilpres 2024.  

"Peluang masih tetap ada," kata Juru Bicara (Jubir) PKS Ahmad Mabruri saat dikonfirmasi mengenai masih ada peluang Anies untuk diusung di Pilgub Jakarta, Sabtu (4/5/2024). 

Mabruri menuturkan memang hingga saat ini belum ada nama-nama yang final untuk diusung di Pilgub Jakarta 2024. Dia mengaku saat ini PKS masih membuka peluang bagi siapapun.  

"Untuk Pilgub belum ada nama-nama fix, tergantung komunikasi antarpartai. Pilgub Jakarta semua partai tak ada yang bisa mengusung sendiri, mesti gabungan partai-partai," jelasnya. 

Pada Selasa (21/5/2024), Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda mengatakan bahwa partainya telah berkomunikasi dengan Anies Baswedan terkait kans partainya mengusung mantan Gubernur Jakarta itu kembali maju pada Pilgub Jakarta 2024.

"Komunikasi awalan tepatnya," kata Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Huda menjelaskan, PKB belum menyampaikan surat rekomendasi secara resmi. Namun, partainya mempertimbangkan untuk mengusung Anies sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

"Dari hasil diskusi, obrolan, dari teman-teman kanan-kiri Mas Anies, kira-kira kami akan pertimbangkan Mas Anies kalau maju lagi," ujarnya.

Meski mempertimbangkan nama Anies pada Pilkada Jakarta 2024, dia menekankan bahwa partainya masih menjagokan Wakil Ketua Umum DPP PKB sekaligus Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sebagai calon kandidat yang dimiliki partai-nya untuk diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

"Sampai hari ini kita masih punya calon kandidat, yaitu Ida Fauziah," ujarnya.

Terkait kepastian sosok yang akan diusung partainya, dia pun meminta publik untuk menunggu dinamika yang berkembang. "Kita lihat nanti, pendaftaran tanggal berapa, ya? 27 Agustus, kita lihat perkembangannya kayak apa," ucapnya.

Yang terbaru, Partai Golongan Karya (Golkar) juga membuka peluang untuk berkoalisi dengan PKS untuk Pilgub Jakarta 2024. Bahkan, DPD Partai Golkar juga membuka peluang untuk mengusung Anies Baswedan, untuk diduetkan dengan Ahmed Zaki Iskandar, dalam pilkada Jakarta 2024.

Sekretaris DPD Partai Golkar Basri Baco mengatakan, partainya tengah melakukan komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan PKS beberapa waktu lalu. Salah satu pembahasannya tak lain terkait pilkada Jakarta 2024.

"Bicara mengenai kemungkinan untuk bersatu atau masuk dalam satu kekuatan di pilkada dan lain-lain lah," kata Baco saat dikonfirmasi, Selasa (21/5/2024).

Kendati demikian, belum ada keputusan final terkait koalisi untuk pilkada Jakarta. Pasalnya, hampir semua partai akan menunggu keputusan DPP untuk menentukan koalisi dalam pilkada Jakarta. 

"Tugas kami hanya jalin komunikasi, jalin silaturahmi dengan baik. Jadi ketika ada arahan DPP, tidak susah untuk dijahit atau dirajut karena sudah ada komunikasi politik sebelumnya," ujar dia.

Baco mengatakan, pihaknya juga masih membuka peluang untuk berkoalisi dengan PKS, bahkan ketika partai itu akan mengusung Anies untuk menjadi calon gubernur (cagub) Jakarta. Ia menambahkan, Anies bisa saja dipasangkan dengan Zaki sebagai calon wakil gubernur (cawagub).

"Yah kalau dari DPP-nya setuju, ya boleh saja. Kami sih senang-senang saja selama DPP Golkar menyetujui. Prinsipnya kami juga ingin menang," ujar dia.

Menurut dia, partainya tak terlalu memepermasalahkan apabila Zaki dijadikan cawagub. Pasalnya, Zaki disebut telah siap untuk maju dalam pilkada Jakarta, baik sebagai cagub atau cawagub. 

"Terserah pimpinan di pusat saja bagaimana, intinya kami siapkan infrastruktur di bawah lah," kata dia.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement