Senin 20 May 2024 16:49 WIB

KNKT: Masih Terlalu Dini Simpulkan Penyebab Kecelakaan Pesawat di Serpong

Ketua KNKT sebut masih terlalu dini simpulkan penyebab kecelakaan pesawat di Serpong.

Petugas gabungan mengevakuasi puing-puing badan pesawat yang jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai. Ketua KNKT sebut masih terlalu dini simpulkan penyebab kecelakaan pesawat di Serpong.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas gabungan mengevakuasi puing-puing badan pesawat yang jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai. Ketua KNKT sebut masih terlalu dini simpulkan penyebab kecelakaan pesawat di Serpong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Dr Ir Soerjanto Tjahjono menyatakan masih terlalu dini menyimpulkan penyebab kecelakaan pesawat PK-IFP di Kawasan Lapangan Sunburst BSD, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Ahad (19/5/2024).

"Mungkin kalau penyebab kecelakaan terlalu dini, karena kita kan tahapnya pengumpulan data, masih terlalu jauh," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (20/5/2024).

Baca Juga

Soerjanto menjelaskan, pihaknya masih melakukan konsolidasi dengan membuat "investigation planning" untuk menentukan penyebab kecelakaan. 

"Dari 'investigation planning' itu setelah berjalan apakah ada kesulitan-kesulitan, jadi 'investigation planning' itu bisa berubah dengan bertambahnya informasi yang kita dapat," katanya.

 

"Nah nanti kalau sudah ada 'investigation planning'-nya, nanti kita tahu kira-kira berapa lama investigasi ini bisa kita selesaikan, kita sedang mempersiapkan itu," katanya.

KNKT akan menganalisis percakapan pilot dengan petugas pengaturan lalu lintas udara untuk tahapan investigasi kecelakaan udara pesawat PK-IFP di Kawasan Lapangan Sunburst BSD, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Ahad, sekitar 14.09 WIB.

"Dilakukan investigasi selanjutnya, tapi nanti menunggu informasi-informasi yang lain setelah apa yang kita bongkar, termasuk percakapan dengan menara pengawas, itu nanti kita dengarkan," kata Ketua KNKT Dr Ir Soerjanto Tjahjono di Tangerang, Ahad (19/5/2024).

Selain menganalisis percakapan antara pilot dan petugas menara pengatur lalulintas udara, pihaknya juga akan memeriksa sejumlah serpihan yang ada dalam bagian pesawat PK-IFP tersebut. Hal tersebut nantinya membantu dalam mengumpulkan data-data penyebab atas terjadinya insiden kecelakaan pesawat itu.

Sebuah pesawat ringan mengalami kecelakaan udara di Kawasan Lapangan Sunburst BSD, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu, sekitar 14.09 WIB.

Dalam insiden tersebut, terdapat tiga korban jiwa. Adapun dari ketiga korban itu, diketahui bernama Pulung Darmawan, Mayor Suwanda, Farid yang merupakan pilot, co-pilot dan teknisi (engineering).

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement