Sabtu 04 May 2024 08:32 WIB

Anugerah Pewarta Foto Indonesia Digelar di Bandung, Ini 14 Pemenangnya

Terdapat 2.000 pewarta foto yang mengikuti Anugerah Pewarta Foto Indonesia.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda
Sejumlah foto jurnalistik terbaik berbagai kategori karya para pewarta foto dipamerkan pada Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2024, di Bandung Creative Hub, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/5/2024). Rangkaian agenda tahunan Pewarta Foto Indonesia (PFI) ini berlangsung dari 3-8 Mei 2024, gratis dan terbuka untuk umum.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Sejumlah foto jurnalistik terbaik berbagai kategori karya para pewarta foto dipamerkan pada Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2024, di Bandung Creative Hub, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/5/2024). Rangkaian agenda tahunan Pewarta Foto Indonesia (PFI) ini berlangsung dari 3-8 Mei 2024, gratis dan terbuka untuk umum.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pewarta Foto Indonesia (PFI) menggelar ajang anugerah pewarta foto Indonesia (APFI) tahun 2024 yang ke-14 diselenggarakan di Bandung Creative Hub di Jalan Laswi, Kota Bandung, Jumat (3/5/2024). Sebanyak 2.500 karya foto dari 300 wartawan foto di seluruh Indonesia telah diseleksi oleh dewan juri APFI tahun 2024.

Ketua PFI Bandung Raisan Al Farisi mengapresiasi ajang anugerah pewarta foto Indonesia digelar di Kota Bandung untuk yang kedua kali. Ia mengaku bersama seluruh anggota dan relawan berupaya mengemas ajang anugerah lebih baik.

Baca Juga

"Alhamdulillah PFI Bandung dipercaya kembali menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya," ucap dia melalui keterangan resmi yang diterima.

Ia mengatakan kurang lebih dua bulan menyiapkan ajang tersebut dengan hasil yang lancar dan tidak didapati kendala apapun. Raisan berharap penyelenggaraan anugerah pewarta foto dapat berjalan lancar dan sukses.

Ketua PFI Pusat Reno Esnir mengatakan sengaja memilih Kota Bandung sebagai tempat penyelenggaraan anugerah pewarta foto. Ia menilai Bandung memiliki antusiasme yang tinggi terhadap jurnalistik.

Ia berharap anugerah pewarta foto dapat bermanfaat untuk pewarta di tengah kondisi media massa penuh tantangan dan terdapat kesulitan. Terdapat 2.000 pewarta foto yang mengikuti anugerah tersebut.

"Ajang ini dapat bermanfaat khususnya wartawan Indonesia yang kini berjuang di tengah situasi media yang sulit dan tahun ini banyak peristiwa," kata dia.

Reno menyebut saat ini yang dimunculkan yaitu visual jurnalistik yang bermakna mulai dari pengungsi Rohingya di Aceh, kamisan, viral kerusakan lingkungan di Sulawesi dan foto tentang kondisi demokrasi di Indonesia.

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengapresiasi kegiatan anugerah pewarta foto yang digelar oleh PFI. Ia menilai perlindungan terhadap jurnalis masih rendah sehingga anugerah pewarta foto menjadi bentuk penghargaan kepada wartawan. "Penghargaan ini bisa menjadi salah satu alternatif," kata dia.

photo
Sejumlah foto jurnalistik terbaik berbagai kategori karya para pewarta foto dipamerkan pada Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2024, di Bandung Creative Hub, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/5/2024). Rangkaian agenda tahunan Pewarta Foto Indonesia (PFI) ini berlangsung dari 3-8 Mei 2024, gratis dan terbuka untuk umum. - (Edi Yusuf/Republika)

 

Ini 12 pemenang APFI ke 14 dan dua PFI award:

1. Kategori foto tunggal terbaik - LPS GENERAL NEWS = Ronny Arianto Nugroho (Kompas)

 

2. Kategori foto esai terbaik - LPS GENERAL NEWS = Abriansyah Liberto (Freelance)

 

3. Kategori foto tunggal terbaik – SPOT NEWS = Muhsaful Imam (INewsPalembang.ID)

 

4. Kategori Foto esai terbaik – PEOPLE IN THE NEWS = Yoma Times Suryadi (Suara Merdeka)

 

5. Kategori foto esai terbaik – PEOPLE IN THE NEWS = Chaideer Mahyudin (AFP Biro Jakarta)

 

6. Kategori foto tunggal terbaik – BTN SPORTS NEWS = Briyanbodo Hendro (Media Indonesia)

 

7. Kategori foto esai terbaik – BTN SPORTS NEWS = Fakhri Fadlurohman (Kompas)

 

8. Kategori foto tunggal terbaik – NATURE & ENVIRONMENT = Bayu Eka Novanta (Freelance)

 

9. Kategori foto esai terbaik – NATURE & ENVIRONMENT = Ulet Infansasti (Freelance)

 

10.Kategori foto esai terbaik – ART,CULTURE, & ENTERTAIMENT = Rivan Awal Lingga (LKBN Antara)

 

11. Kategori foto tunggal terbaik – CITIZENS JOURNALIST = Agus Kurniawan 

 

12. Kategori PFI Kota Awards (Best Management Award) = PFI Solo

 

13. Kategori PFI Kota Awards (Best Performance) = PFI Bandung

 

14. Kategori Photo Of The Year = Yoma Times Suryadi (Suara Merdeka).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement