Selasa 23 Apr 2024 11:31 WIB

Ini Deretan Aset yang Disita Kejagung Terkait Korupsi Timah

Aset-aset ini disita Kejagung sejak Desember 2023 hingga April 2024.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Pekerja melintas di samping mobil mewah milik Harvey Moeis yang disita di Gedung Kejagung RI, Jakarta, Selasa (2/4/2024). Kejaksaan Agung menyita dua unit mobil mewah Mini Cooper dan Rolls-Royce milik Harvey Moeis terkait kasus dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022.
Foto:

4. Sabtu (9/3/2024) penyidik Jampidsus melakukan penggeledahan tiga lokasi di kawasan elite Pantai Indah Kapuk (PIK) di wilayah Jakarta Utara (Jakut). Penggeledahan dilakukan di kantor PT Quantum Skyline Exchange (QSE), dan di PT SD, serta di rumah pengusaha perempuan kaya raya Helena Lim (HLM). Dari penggeledahan di tiga lokasi itu penyidik menyita uang tunai Rp 10 miliar; dan 2 juta SGD atau setara Rp 23,8 miliar. 

Dua pekan setelah penggeledahan itu, pada Selasa (26/3/2024) Direktur Penyidikan Kuntadi mengumumkan Helena Lim selaku manager marketing PT QSE sebagai tersangka ke-15 dalam pengusutan korupsi, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) timah. Helena Lim, pun digelandang ke sel tahanan.

5. Pada Senin 1 April 2024, penyidik menggeledah rumah tinggal apartemen aktris Sandra Dewi. Penggeledahan itu terkait dengan peran suaminya, Harvey Moeis (HM) yang diumumkan sebagai tersangka ke-16 dalam penyidikan korupsi timah, Rabu (27/3/2024). Dari penggeledahan di apartemen the Pakubuwono, di kawasan Keboyaran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel) itu, penyidik menyita dua unit mobil Roll Royce Ghost Extended Wheelbase yang nilainya ditaksir mencapai Rp 18 sampai Rp 25 miliar. Dan juga menyita mobil MINI Cooper S Countryman F60 yang harganya ditaksi mencapai Rp 600 smapai Rp 750 juta.

Penyidik juga sampai hari ini, masih melakukan pengamanan terhadap sejumlah barang-barang mewah koleksi jam tangan miliaran rupiah milik tersangka Harvey Moeis. Pengamanan tersebut, kata Direktur Penyidikan Kuntadi untuk dipastikan keaslian agar dapat disita. 

6. Pada Kamis (18/4/2024) penyidik Jampidsus melakukan penyitaan empat unit mobil milik tersangka Harvey Moeis, dan tersangka Robert Indarto (RI). Robert Indarto adalah Direktur Utama (Dirut) PT Sariwiguna Bin Sentosa (SBS) yang diumumkan tersangka kesekian, pada Ahad (18/2/2024). Penyidik menyita dua unit mobil miliknya, yaitu satu unit Marcedez Bens E-250, dan Toyota Zenix. Sedangkan dari penggeledahan di salah-satu rumah milik tersangka Harvey Moeis di Jakarta Barat (Jakbar), penyidik menyita mobil SUV Lexus RX300, dan Caravan Toyota Vellfire.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement