Jumat 05 Apr 2024 06:17 WIB

Siang Ini, Presiden Jokowi Lantik M Tonny Harjono Jadi KSAU

Marsdya Mohamad Tonny Harjono mantan ajudan Jokowi dan sekretaris militer presiden.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II, Marsekal Madya (Marsdya) Mohamad Tonny Harjono.
Foto: Dispenau
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II, Marsekal Madya (Marsdya) Mohamad Tonny Harjono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) baru di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2024). Ia menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo yang memasuki usia pensiun pada 9 April 2024.

"Hari ini, 5 April 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan Pelantikan Kepala Staf Angkatan Udara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana saat dikonfirmasi Republika.co.id di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Baca: Pidato Perpisahan KSAU: Pemimpin Kesatria tidak Lari Saat Hadapi Masalah

Selain itu, Jokowi juga akan mengukuhkan Pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bakti Tahun 2023-2028, di Istana Negara.

Sebelumnya, Jokowi menyebut akan melantik KSAU baru Marsdya Mohamad Tonny Harjono pada hari ini. "Pelantikan KSAU hari Jumat," kata Jokowi saat melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (3/4/2024).

Baca: Presiden Jokowi Resmi Tunjuk Marsdya Mohamad Tonny Harjono Jadi KSAU

Penunjukan Marsdya Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU ini tertuang dalam Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 yang telah ditandatangani Presiden Jokowi. Dalam Keppres tersebut juga mengatur soal pemberhentian Marsekal Fadjar Prasetyo dari jabatannya.

"Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru," kata Ari.

Baca: Mengenal Pangdam Jaya Mayjen M Hasan, Eks Pengawal Jokowi

Adapun Marsdya M Tonny Harjono merupakan eks ajudan Presiden Jokowi dan Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres). Selain dikenal penerbang pesawat tempur F-16 dan Sukhoi, ia pernah menjabat Danlanud Adi Soemarmo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement