Kamis 04 Apr 2024 12:07 WIB

Salurkan Bansos Beras, Jokowi: Pemerintah Komitmen Sejahterakan Rakyat

Bantuan pangan membantu meringankan beban warga saat harga beras sedang naik.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah.
Foto: Dok Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Istana
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, pemerintah berkomitmen terhadap kesejahteraan rakyat. Salah satunya, melalui pemberian bantuan pangan berupa beras.

"Ini yang keempat, nanti akan dilanjutkan ke bulan berikutnya sampai bulan Juni," kata Jokowi saat meninjau ketersediaan beras di Komplek Pergudangan Bulog Manggis, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (4/4/2024).

Baca: Mengenal Pangdam Jaya Mayjen M Hasan, Eks Pengawal Jokowi

Jokowi mengatakan, pemerintah akan terus melanjutkan pemberian bantuan pangan tersebut. Namun, kebijakan tersebut masih akan tergantung pada ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Nanti kita akan melihat lagi APBN, kalau anggarannya memungkinkan nanti akan diteruskan lagi sampai Desember. Tapi tidak janji, ya karena saya kan buka APBN dulu nanti bulan Juni, kalau dibuka, anggarannya memungkinkan akan diteruskan, tapi kalau tidak memungkinkan ya tidak. Saya ngomong apa adanya lho," ujarnya.

Sementara itu, Khoirul Anwar, salah seorang warga penerima manfaat asal Kabupaten Bungo, menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan. Menurut dia, bantuan pangan tersebut membantu meringankan beban saat harga beras sedang naik.

Baca: Presiden Jokowi Resmi Tunjuk Marsdya Mohamad Tonny Harjono Jadi KSAU

"Ya sangat membantu, soalnya sekarang posisi harga beras melambung tinggi kan, jadi (bantuan) ini cukup membantu kita. Ini sudah keempat kalinya, alhamdulillah sungguh-sungguh sangat membantu," ucap Khoirul.

Senada, Asmirawati, warga lainnya, mengaku bisa mengalihkan anggaran belanja beras untuk membeli kebutuhan lainnya. "Beras di pasar naik meningkat, uangnya tidak mampu untuk membeli. Sekarang sudah dapat beras ya syukur alhamdulillah kita tidak beli lagi," kata Asmirawati.

Dia pun berharap bantuan yang diberikan dapat terus berlanjut karena dinilai memberikan banyak manfaat nyata bagi dirinya dan masyarakat lain. "Mudah-mudahan minta sama Pak Jokowi untuk yang akan datang bantuannya tidak akan habis-habis, dapat bantuan terus," ucap Asmirawati.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan ini yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Gubernur Jambi Al Haris, dan Bupati Bungo Mashuri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement