Selasa 02 Apr 2024 07:00 WIB

Bertemu Presiden Xi Jinping, Prabowo Sampaikan Salam Jokowi

Kepada Xi Jinping, Prabowo berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menhan Prabowo Subianto bersalaman dengan Presiden China Xi Jinping di Great Hall of the People, Beijing, China, Senin (1/4/2024)..
Foto: Dok Kemenhan
Menhan Prabowo Subianto bersalaman dengan Presiden China Xi Jinping di Great Hall of the People, Beijing, China, Senin (1/4/2024)..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus presiden RI terpilih, Prabowo Subianto bertemu Presiden China Xi Jinping di Beijing, Senin (1/4/2024). Kepada Xi Jinping, Prabowo menyampaikan, China merupakan mitra kunci RI untuk menjaga stabilitas dan memelihara perdamaian di kawasan.

Oleh karena itu, Prabowo menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat kemitraan yang telah terjalin antara Indonesia dan China. Bahkan, ia tidak sungkan mengaku kagum dengan kemajuan negeri Tirai Bambu tersebut.

Baca: SBY dan Prabowo, Penghuni Paviliun 5A Akmil yang Jadi Presiden

"Terkait kerja sama pertahanan, saya memandang China adalah salah satu mitra kunci dalam memastikan perdamaian dan stabilitas kawasan. Saya juga berkomitmen memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia, termasuk peningkatan kerja sama industri pertahanan dan dialog produktif, serta kerja sama antarmatra," kata Prabowo kepada Xi Jinping saat keduanya bertemu di Great Hall of the People, Beijing, China, Senin.

Dalam pertemuan itu, yang merupakan lawatan luar negeri pertama Prabowo setelah ditetapkan oleh KPU RI sebagai calon presiden terpilih, Prabowo juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat Presiden Xi kepada dirinya. Prabowo juga meneruskan salam hangat dari Presiden RI Joko Widodo ke Presiden Xi.

Baca: China, Negara Pertama yang Dikunjungi Presiden Terpilih Prabowo

"Saya ingin menyampaikan apresiasi atas sambutan yang hangat kepada saya dan delegasi. Izinkan saya juga meneruskan salam hangat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo," kata Prabowo.

Ketua umum DPP Partai Gerindra itu juga menyampaikan harapannya ada langkah yang konkret ke depan untuk menindaklanjuti rencana aksi penguatan kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan China. Prabowo bertekad agar hubungan kedua negara semakin baik.

Presiden Xi, dalam pertemuan yang sama, menegaskan komitmen China meningkatkan kerja sama strategis komprehensif dengan Indonesia. Dia menyampaikan, China bertekad mempererat kerja sama di berbagai bidang dengan Indonesia, di antaranya di sektor pertahanan, ekonomi, dan keamanan.

Presiden Xi menyatakan, China siap bersama-sama Indonesia berkontribusi positif menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan serta dunia. Dia menyebut kerja sama Indonesia dan China dibutuhkan dalam menjaga keamanan maritim di Asia Tenggara.

Baca: Survei Terbaru: Manuver China Jadi Ancaman Bagi Negara ASEAN

China, kata Presiden Xi, juga siap meningkatkan kemitraan secara khusus bidang maritim dengan Indonesia. Dia pun mengatakan China berkomitmen membantu ASEAN untuk menghapus kemiskinan, mendukung pembangunan, dan meningkatkan kesejahteraan untuk rakyat negara-negara di kawasan.

Prabowo dijadwalkan melawat ke China sampai Selasa (2/4/2024). Dalam kunjungannya itu, dia juga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri China Li Qiang dan Menteri Pertahanan China Laksamana Dong Jun, Selasa.

Di China, Prabowo didampingi oleh putranya, Ragowo Hediprasetyo dan sejumlah pejabat. Di antaranya, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono, Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Mayjen Yudi Abrimantyo, serta Dirjen Strategi Pertahanan Kemenhan RI sekaligus Pangdam Udayana Mayjen Bambang Trisnohadi.

Kemudian, Dirjen Rencana Pertahanan Kemenhan RI Laksda Supo Dwi Diantara dan Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemenhan RI Marsda Yusuf Jauhari. Ajudan Mayor Inf Teddy Indra Wijaya ikut mengawal kegiatan Prabowo selama di China.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement