Sabtu 23 Mar 2024 16:00 WIB

Pakar: Anies Sudah Jadi Bagian Nasdem

Pakar politik sebut Anies Baswedan sudah dianggap jadi bagian dari Nasdem.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Capres 01 Anies Baswedan saat menghadiri acara buka bersama di Nasdem Tower. Pakar politik sebut Anies Baswedan sudah dianggap jadi bagian dari Nasdem.
Foto: Republika/Eva Rianti
Capres 01 Anies Baswedan saat menghadiri acara buka bersama di Nasdem Tower. Pakar politik sebut Anies Baswedan sudah dianggap jadi bagian dari Nasdem.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru Besar Ilmu Politik dari Universitas Andalas, Asrinaldi, mengatakan sinyal Partai Nasdem merapat ke kubu pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, bukan berarti partai besutan Surya Paloh itu meninggalkan Anies Baswedan sepenuhnya.

Asrinaldi menyebut secara informal, Anies sudah menjadi bagian dari keluarga besar Partai Nasdem. Di mana Anies termasuk ke dalam bagian barisan tokoh pendiri Nasdem ketika masih berstatus organisasi masyarakat (Ormas). 

Baca Juga

"Saya melihat Anies itu bagian dari Nasdem. Walau bukan kader secara formal, tapi dari sejarah pembentukan Nasdem itu, Anies termasuk pendiri ormas Nasdem," kata Asrinaldi, Sabtu (23/3/2024). 

Dengan begitu, Asrinaldi menilai upaya Nasdem membuka peluang berubah haluan mendukung Prabowo-Gibran bukan berarti meninggalkan apalagi mencampakkan Anies. 

Bahkan Asrinaldi memprediksi akan ada saatnya nanti Anies akan menjadi kader Partai Nasdem. "Saya rasa tidak akan ditinggalkan. Pada waktunya nanti, Anies akan bergabung ke Nasdem," ujar Asrinaldi.

Selain hubungan saling menguntungkan ketika Pilpres 2024 kemarin, di mana Anies butuh partai untuk dijadikan kendaraan maju menjadi capres, dan di sisi lain Nasdem butuh sosok capres untuk mendongkrak suara partai, antara Anies dengan Surya Paloh juga sejak lama memiliki hubungan dekat. Termasuk Anies memiliki kedekatan personal dengan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang diketahui juga sangat dekat dengan Surya Paloh.

"Dari aspek komunikasi, Anies dengan Surya Paloh  ini sudah intens. Karena bagaimana pun Anies juga dekat dengan Jusuf Kalla, Jusuf Kalla dengan dengan Surya Paloh. Saya yakin komunikasi itu jalan," kata Asrinaldi menambahkan.  

Untuk posisi Surya Paloh, Asrinaldi melihat sinyal yang cukup kuat merapat ke kubu yang menang. Indikasinya tak lain adalah memberikan ucapan selamat atas kemenangan Prabowo-Gibran pasca penetapan hasil Pemilu oleh KPU dan komunikasi tatap muka secara langsung dengan Prabowo ketika keduanya bersua di Nasdem Tower pada Jumat (22/3/2024) kemarin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement