Rabu 20 Mar 2024 19:51 WIB

Tinjau Pabrik Propan, Menteri Basuki Dorong Penguatan Produk Dalam Negeri

Kementerian PUPR berkomitmen untuk terus menggunakan produk dalam negeri.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mendorong penggunaan produk dalam negeri dalam pembangunan infrastruktur di lingkungan Kementerian PUPR. "Saya sangat mendorong penguatan produk dalam negeri, khususnya bahan-bahan untuk pembangunan di PUPR seperti aspal dan cat," kata Basuki dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Basuki mengapresiasi Propan sebagai salah satu merek cat yang 100 persen merupakan produk anak bangsa. Selain itu, pabrikan tersebut telah berkontribusi dalam beberapa pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah melalui Kementerian PUPR.

Baca: Daftar Empat Emiten Saham Naik Signifikan pada Ramadhan 1445 Hijriyah

"Propan sudah diproduksi 100 persen oleh anak bangsa, selamat dan terima kasih atas dukungannya. Mudah-mudahan kolaborasi ini terus dapat dilanjutkan dengan slogan berinovasi terus-menerus untuk Indonesia Maju," kata Basuki saat mengunjungi pabrik cat Propan Raya di Tangerang, Banten, Senin (18/3/2024).

 

Usai dari Propan Raya, Menteri Basuki dan jajaran meninjau Alkindo Mitra Raya, sebagai pabrik penghasil resin yang merupakan salah satu bahan baku cat. Di lokasi, Basuki beserta jajaran mengunjungi pengolahan limbah yang baik sehingga tidak mencemari lingkungan.

Basuki menyatakan komitmen Kementerian PUPR untuk terus menggunakan produk dalam negeri. Dengan catatan, sambung dia, produk yang dihasilkan juga mutunya terjaga dan terus berinovasi sehingga dapat bersaing dengan produk luar.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto yang mendampingi Menteri Basuki mengusulkan, agar dapat memberikan jaminan peningkatan produksi untuk memenuhi permintaan pembangunan infrastruktur. Caranya dengan menambah jumlah tenaga kerja.

"Saya juga mengusulkan dapat dibuat Katalog Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di masing-masing halaman internet produsen sebagai informasi terbuka bagi konsumen, sehingga memudahkan kami sebagai user untuk memilih dan memudahkan audit TKDN," kata Iwan.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti mengapresiasi Propan yang sudah terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang ada di Kementerian PUPR. "Propan harus terus meningkatkan mutu agar bisa lebih bagus lagi bisa bersaing dengan merek lain."

President Director PT Propan Raya. Hendra Adidarma mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri Basuki, sebagai penyemangat perusahaan yang sudah 45 tahun telah beroperasi. "Kita tidak hanya fokus pada peningkatan kuantitas dan kualitas produksi, tetapi kita juga sudah banyak mendidik para pelajar dan mahasiswa untuk membuat cat yang berkualitas," ucap Adidarma.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement