Rabu 20 Mar 2024 19:03 WIB

Pangdam Iskandar Muda Sebut TMMD Operasi Bakti Terpadu Lintas Sektoral

Mayjen Niko Fahrizal ajak masyarakat menjaga kebersamaan dan bangun potensi daerah.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pangdam Iskandar Muda Mayjen Niko Fahrizal (tengah) di Lapangan Bola PTPN 1 Pulau Tiga, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, Rabu (20/3/2024).
Foto: Antara/Pendam IM
Pangdam Iskandar Muda Mayjen Niko Fahrizal (tengah) di Lapangan Bola PTPN 1 Pulau Tiga, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, Rabu (20/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen Niko Fahrizal mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjaga kebersamaan sekaligus kemanunggalan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan rakyat.

"Kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat guna mengembangkan potensi daerah menjadi lebih maju sehingga dapat bersaing dengan wilayah lainnya," kata Niko di sela menutup kegiatan TMMD ke-119 wilayah Kodam IM di Lapangan Bola PTPN 1 Pulau Tiga, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, Rabu (20/3/2024).

Baca: Dikunjungi AHY, Panglima TNI Kenakan Seragam Loreng Kamuflase Terbaru

Niko menjelaskan, kemajuan teknologi serta tantangan bidang ekonomi dan sosial budaya menuntut partisipasi setiap anak bangsa untuk membina diri dan memajukan daerahnya yang dapat dimulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten/kota.

"Kita sebagai anak bangsa dan bagian dari masyarakat harus membangun diri dan menunjukkan kontribusi kita dengan saling membantu dan bekerja sama. Ingatlah bahwa bangsa kita hanya dapat mencapai kemajuan bila kita saling membantu, bersinergi di segala bidang, serta saling menguatkan mulai dari masyarakat di tingkat bawah," katanya.

Baca: Letjen Eko Margiyono Dimutasi Jabat Wagub Lemhannas

Niko juga menyebut, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai salah satu wujud operasi bakti terpadu yang lintas sektoral dan dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat. Hal itu dilakukan guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah perdesaan, khususnya tertinggal, terpencil, daerah perbatasan, pulau terluar, serta daerah kumuh perkotaan.

Dia mengatakan, program tersebut juga bagian membantu pemerintah daerah (pemda) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Caranya melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun nonfisik dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat untuk mendukung pembangunan nasional.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dengan semangat gotong-royong untuk membangun daerah masing-masing, sekaligus mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang ada di hadapan kita," kata Niko.

Baca: Kadispenad dan Kasiter Korem Pamungkas Tinjau Pelaksanaan TMMD di Bantul

Upacara penutupan tersebut ditandai dengan berakhirnya Program TMMD Ke-119 yang dilaksanakan serentak di tiga kabupaten di wilayah Kodam IM, yaitu wilayah Kodim 0102/Pidie, Kodim 0110/Abdya dan Kodim 0117/Aceh Tamiang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement