Jumat 01 Mar 2024 19:27 WIB

Muncul Aksi Serentak Pemakzulan Jokowi, Gibran: Silakan Asal Tertib

Cawapres Gibran mengajak para pendemo untuk menyampaikan aspirasi secara tertib.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Erik Purnama Putra
Wali Kota Solo sekaligus cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Republiika/Alfian Choir
Wali Kota Solo sekaligus cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Solo sekaligus cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menanggapi santai terkait sejumlah aksi turun ke jalan yang agendanya adalah mengajak masyarakat untuk melakukan pemakzulan kepada Presiden Jokowi pada Jumat (1/3/2024). Dia tidak masalah dengan aksi tersebut.

Dari informasi yang dihimpun Republika.co.id, aksi yang dilakukan sejumlah elemen masyarakat tersebut telah berlangsung di depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat. Aksi massa juga dijadwalkan berlangsung di depan Balai Kota Solo, Purwokerto, dan Titik Nol Yogyakarta, hingga depan kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

Baca: Dua Mantan Ajudan Presiden Jokowi Jabat Pangdam

Dia tidak masalah dengan tuntutan masyarakat tersebut. Gibran hanya mengajak pendemo untuk berlangsung tertib ketika sudah di jalanan. "(Ada aksi di beberapa daerah) oh iya silakan, monggo asalkan tertib," kata Gibran di Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Ditanya soal salah satu tuntutan aksi adalah memakzulkan ayahnya dari kursi RI 1, Gibran sekali lagi tidak mempersoalkannya. Dia lebih kepada mengimbau peserta agar melangsungkan kegiatannya secara tertib. "Ya silakan, asal demonya tertib, monggo silakan," katanya.

Baca: Mengenal Raja Baru Malaysia, Junior Prabowo di Fort Bragg, AS

Ditanya apakah dirinya akan menemui massa aksi yang digelar di depan kantornya, Gibran tak menjawab dengan singkat. "Kapan itu, nanti ada di Balai Kota juga, ya. Ya, kita lihat nanti, ya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement