Senin 26 Feb 2024 00:01 WIB

Perang Bintang di Pilgub DKI dari Ridwan Kamil, Ahok, AHY Hingga Kaesang, Peluang Anies?

Pengamat prediksi Pilgub DKI akan turun Ridwan Kamil, Ahok, AHY, Kaesang hingga Anies

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Monumen Nasional (Monas). Pengamat prediksi Pilgub DKI akan turun Ridwan Kamil, Ahok, AHY, Kaesang hingga Anies.
Foto:

Dari PPP, ada nama Menteri Pariwasata yang juga mantan walil gubernur DKI, yakni Sandiaga Uno. Adapun PDIP punya banyak kader potensial untuk jadi cagub, mulai dari mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Menteri Sosial Tri Rismaharini, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Partai Gerindra kemungkinan akan mendorong kadernya yang sebelumnya menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta, yakni Ahmad Riza Patria untuk menjadi cagub. Terbuka kemungkinan pula Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maju kembali dalam pertarungan memperebutkan kursi DKI 1 setelah gagal pada 2017 lalu.

PSI juga terbuka kemungkinan bakal mengusung ketua umumnya, Kaesang Pangarep yang merupakan anak Presiden Jokowi. "Jangan lupakan pula dari trah Presiden Jokowi ada nama Kaesang Pangarep. Kaesang sepertinya lebih memilih langsung membidik kursi gubernur ketimbang maju sebagai wali kota Depok," kata Efriza.

Dia menambahkan, selain tokoh-tokoh yang merupakan elite partai politik, kemungkinan akan mencuat pula nama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta saat ini, Heru Budi Hartono dalam bursa kandidat.

"Nama lain yang juga mencuat dari figur militer seperti mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman memungkinkan turut diperhitungkan," kata dosen Ilmu Pemerintahan di Universitas Sutomo, Serang, Banten itu.

Bagaimana dengan Anies dan Ganjar?

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement