Jumat 16 Feb 2024 23:45 WIB

Teroris KKB Kembali Serang Pesawat Sipil di Boega, Papua Tengah

Tak ada korban jiwa dalam penembakan pesawat sipil di Boega.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Nashih Nashrullah
Baku tembak TNI dan teroris KKB Papua terjadi di Nduga Papua. Kontak tembak (ilustrasi)
Foto: anadolu agancy
Baku tembak TNI dan teroris KKB Papua terjadi di Nduga Papua. Kontak tembak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Serangan kelompok bersenjata di Papua kembali menyasar penerbangan sipil. Polda Papua, pada Jumat (16/2/2024) melaporkan, pesawat Asia One Air diserang menggunakan senjata api saat mendarat di Bandara Milawak, Distrik Boega, di Kabupaten Puncak, Papua Tengah. 

Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, pesawat sipil tersebut mengalami rusak pada pintu bagian belakang.

Baca Juga

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua Komisaris Besar (Kombes) Ignatius Benny Prabowo menyampaikan, peristiwa penembakan itu terjadi ke pesawat Caravan Asia One Air PK-LTF tersebut hendak mendarat di Bandara Milawak sekitar pukul 09:52 WIT. 

“Saat hendak melakukan pendaratan, dari sisi kanan terdengar suara tembakan yang mengarah ke badan pesawat tersebut,” begitu kata Kombes Benny dalam rilis yang diterima wartawan di Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Personel keamanan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menjadi otoritas pengamanan objek vital tersebut sempat melakukan tembakan balasan untuk mengantisipasi serangan ke arah pesawat berpenumpang sipil tersebut.

Diketahui, kata Kombes Benny, tembakan tersebut berasal dari Kampung Ambobra. Kepolisian, maupun TNI, kata Kombes Benny belum dapat mengidentifikasi kelompok bersenjata mana yang melakukan serangan tersebut.

Akan tetapi, dari informasi yang dihimpun, kelompok bersenjata tersebut berasal dari Kamoung Ambobra yang turun gunung ke wilayah Julukoma, di Distrik Boega untuk membuat keonaran. 

“Tidak ada korban jiwa dalam serangan oleh OTK tersebut. Akan tetapi, dari insiden itu, pesawat Asia One Air PK-LTF tersebut mengalami kerusakan di bagian pintu belakang akibat tembakan peluru tajam yang tembus ke bagian belakang sisi pesawat,” begitu kata Kombes Benny.

Baca juga: 4 Perkara yang Bisa Menghambat Rezeki Keluarga Menurut Alquran

Dari insiden tersebut, kata Kombes Benny, aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengamatan, dan pengawasan. Pun melakukan patroli ke sejumlah lokasi untuk mengantisipasi adanya serangan susulan. Aparat keamanan juga turun ke sejumlah perkampungan untuk berjaga-jaga memberikan rasa aman bagi masyarakat biasa. 

Dia juga meminta agar masyarakat dan termakan provokasi oleh kelompok bersenjata untuk melakukan aksi-aksi yang merugikan masyarakat lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement