Senin 12 Feb 2024 16:15 WIB

Variabel Agama Dinilai Mampu Jadi Faktor Pengaruhi Rasionalitas Pemilih

Faktor rasionalitas tidak terlalu berpengaruh kuat ketika ada variabel agama.

Mahasiswi Universitas Surabaya (Ubaya) Program Kekhususan Digital Media Technology Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Michelle Angelina membuat karya dari ratusan rubik bertuliskan Gen Z Anti Golput di Surabaya, Jawa Timur, Senin (12/2/2024). Karya yang dipamerkan di Ubaya tersebut bertujuan untuk mengingatkan masyarakat khususnya pada generasi muda agar menggunakan hak pilih atau tidak golput pada Pemilu 2024.
Foto:

Peneliti Utama Pusat Riset Politik BRIN, Firman Noor, mengatakan bahwa penggunaan hak suara dalam Pemilu 2024 akan menentukan masa depan generasi penerus. Ia menilai, masyarakat bisa menentukan nasib bangsa dan negara dengan ikut memilih calon pemimpin dan wakil rakyat di tingkat pusat dan daerah.

"Tentu saja seluruh warga negara Indonesia (WNI), sebaiknya harus menggunakan hak pilihnya ya, agar dia dapat menentukan arah kebangsaan Indonesia ke depan," kata Firman.

Ia menjelaskan, sangat penting bagi masyarakat yang memiliki hak suara untuk menggunakan kesempatan itu, guna ikut menentukan nasib Indonesia melalui pilihan terhadap presiden dan wakil presiden, serta wakil rakyat. Lebih lanjut, ia menjelaskan, hasil pemilu akan melahirkan pemimpin yang akan menyusun atau membuat kebijakan untuk jangka menengah dan rancangan pembangunan jangka panjang.

"Pemerintahan yang terpilih, akan membentuk Indonesia apakah jauh lebih baik ke depan, bisa biasa-biasa saja atau lebih buruk," kata dia. 

Peneliti senior itu mengimbau, agar masyarakat jangan menyia-nyiakan momentum lima tahun tersebut, guna ikut berkontribusi membangun landasan awal yaitu memilih pemimpin untuk pembangunan pembangunan nasional. Ia menambahkan, setelah menentukan sikap untuk ikut memilih, masyarakat bisa mencari tahu rekam jejak calon yang akan dipilih, visi dan misinya, serta memastikan bahwa tidak pernah tersangkut kasus korupsi yang merugikan negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement