Rabu 07 Feb 2024 00:11 WIB

Kemendikbudristek-PTNBH Bahas Standar Operasional dan UKT, Apa Hasilnya?

Pemerintah sedang mengkaji skema pinjaman tanpa bunga untuk mahasiswa.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus raharjo
Rektor Unair Prof. M. Nasih mengungkapkan, terus meningkatkan ranking Unair tiada lain karena terpeliharanya keguyuban, kerukunan, dan kebersamaan dari seluruh civitas academica yang ada.
Foto:

Dia menjabarkan contoh alternatif-alternatif lain yang sebenarnya bisa diberikan oleh perguruan tinggi untuk memudahkan mahasiswanya yang kesulitan secara ekonomi. Beberapa yang dia sebutkan, diantaranya angsuran pembayaran; potongan atau pengurangan pembayaran; bantuan pembayaran melalui bansos, lembaga amil zakat (LAZ), dan semacamnya; hingga pembebasan pembayaran.

“Di luar itu perguruan tinggi bisa juga memfasilitasi pembayaran melalui pihak ketiga, misalnya dengan BMT, perbankan, termasuk melaui pinjol. Transaksi ini murni antara orang tua mahasiswa dengan lembaga keuangan sehingga murni bisnis dan tidak ada sangkat pautnya dengan perguruan tinggi,” kata Nasih.

Sementara itu, lewat keterangan tertulis, Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek Nizam menjelaskan, pertemuan yang digelar pekan lalu itu dilakukan untuk mengevaluasi skema-skema pembayaran uang kuliah tunggal (UKT).

Dia berharap pimpinan PTN-BH mengembangkan berbagai upaya dari yang sudah ada saat ini untuk membantu mahasiswa yang membutuhkan.

“Saya harap pimpinan PTN-BH mengembangkan berbagai upaya untuk menutup kebutuhan operasional perguruan tinggi serta skema untuk membantu mahasiswa yang membutuhkan,” ujar Nizam.

Dia menjelaskan, sumber pendanaan itu dapat berasal dari mitra perguruan tinggi, filantropi, CSR, alumni, dana abadi, dan berbagai sumber pendanaan lainnya. PTN-BH juga dapat memanfaatkan aset yang dimiliki untuk menjadi sumber pendapatan yang dapat membantu membiayai kualitas pendidikan.

Pinjaman tanpa bunga...

photo
Komik Si Calus : UKT Pinjol - (Republika/Daan Yahya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement