Selasa 06 Feb 2024 13:00 WIB

Intensitas Hujan Meningkat, Potensi Longsor Naik 2 Kali Lipat dalam 2 Hari ke Depan

BNPB mengingatkan warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana.

Banjir melanda pemukiman warga di Kawasan Cipinang Melayu, Jakarta. BNPB mengimbau masyarakat mewaspadai potensi bencana di sejumlah daerah.
Foto: Republika/Prayogi
Banjir melanda pemukiman warga di Kawasan Cipinang Melayu, Jakarta. BNPB mengimbau masyarakat mewaspadai potensi bencana di sejumlah daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga di sejumlah daerah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko bencana. Hal ini terkait potensi peningkatan intensitas hujan yang dapat berdampak tanah longsor dalam dua hingga tiga hari ke depan.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan daerah yang berpotensi peningkatan intensitas hujan itu antara lain di Jawa Barat (Cirebon, Majalengka), Jawa Tengah (Batang, Kendal, Pekalongan), dan Sumatera Utara (Sibolga). Selanjutnya sebagian besar kota di Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara, Papua, serta Sumatera bagian barat dan bagian selatan yang diperkirakan mengalami peningkatan intensitas hujan dan berpotensi terjadi tanah longsor.

Baca Juga

Ia menyebutkan daftar tersebut didapatkan merujuk analisis prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk dasarian pertama Februari 2024. “Untuk dua-tiga hari ke depan curah hujan meningkat capai 150-300 mm, hujan menimbulkan banjir hingga tanah longsor di semuanya, dan ada atensi khusus untuk Sibolga yang beberapa hari lalu terjadi tanah longsor satu keluarga tewas tertimbun material tepat saat mereka berkendara melintasi perbukitan,” katanya, Senin (6/2/2024). 

Ia menyebutkan peningkatan cuaca yang dapat berdampak bencana tersebut terjadi karena dipengaruhi oleh adanya gelombang Equatorial Rossby. Gelombang itu diketahui merupakan sebuah fenomena yang terjadi di atmosfer atau lautan yang berotasi secara terpisah dan bergerak ke arah barat di sekitar kawasan ekuator. Untuk itu BNPB memastikan telah menyiagakan petugas, perlengkapan logistik siaga bencana, dan sosialisasi tentang peringatan ini, yang bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atas informasi dari BMKG tersebut.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement