Ahad 07 Jan 2024 20:20 WIB

Hujan Terus-menerus, 20 RT di Jakarta Mengalami Genangan Air

Peningkatan genangan air di DKI Jakarta meningkat dari 18 RT hingga 20 RT.

Sejumlah kendaraan melewati genangan air di Jakarta (ilustrasi). BPBD DKI Jakarta menyatakan ada 20 RT mengalami genangan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah kendaraan melewati genangan air di Jakarta (ilustrasi). BPBD DKI Jakarta menyatakan ada 20 RT mengalami genangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wilayah DKI Jakarta masih diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan genangan air dari 18 RT menjadi 20 RT atau 0.065 persen dari 30.772 RT pada Ahad (7/1/2023).

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji di Jakarta menjelaskan, untuk di Jakarta Barat terdapat empat Rukun Tetangga (RT) yang tergenang. Yaitu di Kelurahan Rawa Buaya sebanyak satu RT dengan ketinggian air 60 sentimeter (cm). Sedangkan di Kelurahan Kembangan Selatan sebanyak 2 RT dengan ketinggian air 30 cm.

Baca Juga

Selain itu di Kelurahan Kembangan Utara sebanyak satu RT dengan ketinggian air 60 sampai 90 cm. Di Jakarta Selatan terdapat 15 RT yang terdiri dari Kelurahan Cilandak Barat sebanyak 3 RT dengan ketinggian air 55-150 cm dan di Kelurahan Cilandak Timur sebanyak dua RT dengan ketinggian air 40-60 cm.

Di Kelurahan Duren Tiga sebanyak empat RT dengan ketinggian air 40 cm dan di Kelurahan Cipete Utara sebanyak tiga RT dengan ketinggian air 30 cm. Selanjutnya di Kelurahan Kuningan Barat sebanyak tiga RT dengan ketinggian air 30-60 cm.

Di wilayah Jakarta Timur terdapat satu RT yang terdiri dari Kelurahan Cililitan sebanyak satu RT dengan ketinggian 30 cm. Penyebabnya karena curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung.

Sementara itu, jalan tergenang meliputi lima ruas jalan, yakni Jalan Kemang Utara IX Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, dengan ketinggian air 40 cm. Jalan Raya Jambore Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, dengan ketinggian 20 cm dan Jalan Kemang Utara IX Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, dengan ketinggian 10 cm.

​​​​​​​Jalan Pondok Karya 1B Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, dengan ketinggian 10 cm dan Jalan Depsos RW 002, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, dengan ketinggian 10 cm.

Sedangkan, wilayah yang sudah surut meliputi Kelurahan Rawa Buaya sebanyak empat RT, Kelurahan Gandaria Selatan sebanyak satu RT, Kelurahan Cilandak Timur sebanyak satu RT dan Kelurahan Kalibata sebanyak dua RT. BPBD juga mencatat jalan tergenang yang sudah surut adalah Jalan Ciledug Raya, Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) untuk melakukan penyedotan genangan atau banjir. Selain itu memastikan tali-tali air berfungsi baik. Langkah itu dilakukan bersama para lurah dan camat setempat.

BPBD DKI Jakarta juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial, AGD Dinas Kesehatan (Dinkes), PMI untuk penanganan pengungsi. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement