Ahad 07 Jan 2024 08:38 WIB

Atasi Persoalan Air Bersih, Kapolri Resmikan Sumur Bor di Gunungkidul

Warga mengeluhkan kurangnya air bersih dalam Jumat Curhat yang diadakan Polda DIY.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meresmikan pembangunan sumur bor di Dusun Sidorejo, Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul.
Foto: Dok Polda DIY
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meresmikan pembangunan sumur bor di Dusun Sidorejo, Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meresmikan pembangunan sumur bor di Dusun Sidorejo, Desa Karangtengah, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, pada Sabtu (6/1/2024). Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut keluhan masyarakat terkait kurangnya air bersih di wilayah tersebut.

Sebelumnya masyarakat mengeluhkan kurangnya air bersih dalam kegiatan Jumat Curhat yang diadakan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pembuatan sumur bor tersebut merupakan bentuk bekerjasama Polda DIY dengan Pemerintah Daerah DIY dan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO).

Baca Juga

Dalam peresmian tersebut Kapolri Listyo didampingi Kapolda DIY Irjen  Suwondo Nainggolan dan para pejabat utama Polda DIY. Acara turut dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan unsur Forkopimda Provinsi DIY dan Forkopimda Kabupaten Gunungkidul.

Sumur bor di Dusun Sidorejo Desa Karangtengah Wonosari merupakan salah satu dari beberapa titik yang akan dilaksanakan pembangunan. Adapun nantinya sumur bor jika sudah berfungsi semua untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat di Kabupaten Gunungkidul.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Nugroho Arianto, menyampaikan Kapolri juga melakukan dialog interaktif secara daring kepada masyarakat Dusun Serpeng Kidul, Kalurahan Pacarejo, Semanu yang merupakan salah satu titik yang dilakukan pembangunan sumur bor. Digelar pula bakti sosial dengan membagikan ribuan paket sembako yang disebar di beberapa titik di Gunungkidul.

"Dalam bakti kesehatan dilakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada 500 orang masyarakat, 100 balita, 100 balita stunting dan pembagian 100 kacamata baca gratis," kata Nugroho dalam siaran pers di Yogyakarta, Sabtu (6/1/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement