Ahad 31 Dec 2023 21:28 WIB

Ikut Dongkrak Pariwisata Sumbar, Pelita Air Dorong Rute-Rute Baru

Rute ini salah satu provinsi favorit di Indonesia bagi wisatawan.

Suasana di Kawasan Jam Gadang Bukittinggi (ilustrasi).
Foto: Republika/Febrian Fachri
Suasana di Kawasan Jam Gadang Bukittinggi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai Pelita Air telah membuka rute penerbangan dari Jakarta ke Padang, Sumatra Barat, sejak 12 April 2023. Rute ini salah satu provinsi favorit di Indonesia bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan ketika musim libur tiba. Beberapa di antaranya adalah Istana Pagaruyung, Jam Gadang, dan beberapa wisata pantai dan alam pegunungan.

Baca Juga

Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy merasakan dampak positif di sektor pariwisata sejak hadirnya Pelita Air. Menurunnya wisatawan domestik maupun mancanegara bertambah sejak Pelita Air memasang rute penerbangannya dari Jakarta-Padang.

"Ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah wisatawan domestik yang datang ke Sumatra Barat pada 2023 ini mulai bangkit setelah Covid'19," ujar Audy, Ahad (31/12/2023).

 

Para wisatawan memiliki banyak pilihan maskapai untuk berkunjung ke Sumbar. Harapannya dengan kian banyaknya pilihan maskapai membuat harga bisa lebih ekonomis. Sehingga angka wisatawan Sumbar terus meningkat.

Zubaidi, warga Jakarta mengaku puas dengan pengalaman pertamanya menggunakan Pelita Air ke Padang beberapa waktu lalu. Ia melakukan perjalanan ke Padang untuk pulang ke rumah mertuanya.

"Menurut saya, oke, pelayanan memuaskan," ujar Zubaidi.

Zubaidi merasa hadirnya Pelita Air untuk Rute Padang membuat pilihan maskapai kian variatif. Zubaidi berharap Pelita Air bisa memberikan pelayanan lebih baik dari maskapai lainnya. 

Syifa Hersafitri yang juga crew sekaligus key opinion Leader (KOL) Pelita Air, merekomendasikan beberapa tempat. Menarik yang dapat dikunjungi di Sumatra Barat, Seperti  di kabupaten Tanah Datar disini wisatawan bisa berwisata di  Istano Baso Pagaruyung dan Nagari Pandai Sikek. Wisatawan juga bisa mengunjungi pulau Angso Duo di kota Pariaman.

"Di Sumbar wisatawan bisa menikmati pengalaman wisata budaya dan merasakan kearifan Lokal masayarakat sumbar," ujarnya. 

Pelita Air terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang. Disamping itu, Pelita Air juga memastikan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan termasuk pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Adapun dikutip dari Antara, Pelita Air Service (Pelita Air) kembali menambah armada baru pesawat jenis Airbus A320 guna meningkatkan pelayanan terhadap penumpang sekaligus konektivitas wilayah udara Indonesia.

Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan mengatakan bahwa pesawat ini adalah pesawat ke-9 dari 11 yang sudah dipesan untuk tahun 2023. Pesawat yang ke-10 dan ke-11 akan tiba di minggu ke-4 November 2023.

"Amanat dari Pemerintah untuk terus meningkatkan konektivitas udara Nasional merupakan faktor utama yang mendorong kami untuk terus menambah jumlah armadanya agar bisa menambah frekuensi penerbangan dan rute-rute penerbangan yang baru," ujarnya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement