Jumat 23 Feb 2024 16:25 WIB

Terpikat Pesona Rafflesia yang Mekar di Palupuh Agam

Wisatawan tersebut di antaranya berasal dari Jerman, Prancis, Belanda,

Warga di Jorong Sitangkai Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Sumbar menemukan Bunga Bangkai atau Bunga Raflesia pada Sabtu (20/7).
Foto: dok. Balai Konervasi Sumber Daya Alam Resor B
Warga di Jorong Sitangkai Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Sumbar menemukan Bunga Bangkai atau Bunga Raflesia pada Sabtu (20/7).

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK BASUNG -- Bunga Rafflesia arnoldii yang mekar di Batang Palupuh, Nagari atau Desa Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, dikunjungi puluhan wisatawan mancanegara dari Eropa.

Pegiat Wisata Batang Palupuh Joni Hartono di Lubuk Basung, Jumat (23/2/2024), mengatakan wisatawan tersebut di antaranya berasal dari Jerman, Prancis, Belanda, Polandia, dan Swiss. Ia mengatakan kehadiran wisatawan mancanegara itu setelah pihaknya mempromosikan bunga rafflesia melalui hotel, biro perjalanan, dan lainnya.

Baca Juga

"Bunga rafflesia tersebut mekar beberapa hari lalu dan saat ini kondisinya sudah mulai menghitam atau layu," ujarnya. Menurut dia, selama awal tahun ini sudah ada delapan individu bunga rafflesia mekar sempurna di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh, hutan lindung, kebun warga, dan di halaman rumah orang tuanya.

Bunga rafflesia yang bakal mekar masih ada dua individu lagi di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh dan mekar dalam beberapa hari ke depan. "Knop sudah memancarkan warna merah maron dan beberapa hari ke depan sudah mekar sempurna," katanya.

 

Ia mengatakan masih ada puluhan knop bunga rafflesia di empat lokasi tersebut dan hampir setiap bulan bunga itu mekar. "Keberadaan bunga rafflesia itu menjadi daya tarik pengunjung, karena termasuk tanaman langka dan tidak semua daerah tumbuh bunga tersebut," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement