Ahad 31 Dec 2023 14:47 WIB

Gandeng Kominfo dan UGM, Yandex Gelar Seminar Soal Kecerdasan Buatan dan Etika

Yandex dan UGM kampanyekan literasi digital.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Erdy Nasrul
Kantor Pusat Yandex di Moskow, Rusia
Foto: ENGLISHRUSSIA.ORG
Kantor Pusat Yandex di Moskow, Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Yandex bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo), Masyarakat AI Indonesia (IAIS), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar seminar bertajuk 'Perkembangan Terkini dalam Kecerdasan Buatan: AI Generatif, Pertimbangan Etis, Menjelajahi Pengalaman Global', Kamis (28/12/2023).

Dekan Fakultas Filsafat UGM, Rr Siti Murtiningsih, mengawalinya dengan berbicara tentang konsep AI yang berpusat pada manusia.

Baca Juga

Menurutnya kerangka konseptual ini menekankan pada pengintegrasian nilai-nilai kemanusiaan dan pertimbangan etika ke dalam desain, pengembangan, dan penerapan sistem kecerdasan buatan. Dia juga menceritakan bahwa Fakultas Filsafat UGM telah menjalin kerja sama dengan UNESCO selama dua tahun hingga saat ini sedang mengembangkan pedoman pemanfaatan AI di berbagai bidang.

Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria menyampaikan bahwa Kemenkominfo berkomitmen untuk berkolaborasi dengan seluruh pihak yang membantu ekosistem kecerdasan buatan dan sangat terbuka dalam hal ini, termasuk Yandex dan UGM.

Dalam paparannya pada diskusi panel, Nezar menyampaikan soal perkembangan AI, tata kelola AI nasional dan global, serta kerangka kebijakan AI di Indonesia.

Nezar menyebut sebanyak 22,1 persen pekerja menggunakan AI dan 26,7 juta terbantu olehnya. Dirinya juga berbicara tentang kerangka kebijakan AI global dan lokal serta menyebutkan bahwa tahun 2024 akan ditandai dengan perlombaan antara inovasi dan regulasi AI.

Kemenkominfo telah menerbitkan Surat Edaran tentang Etika AI yang bertujuan untuk mendorong para pelaku industri yang fokus pada kegiatan konsultasi berbasis AI, serta Penyedia Sistem Elektronik, untuk membuat kebijakan internal tentang penggunaan dan pengembangan AI, dengan mengadopsi nilai-nilai dari surat edaran tersebut. Menurutnya, nilai-nilai etika seperti humanisme, inklusi, kredibilitas, dan akuntabilitas sangat penting untuk diperhatikan dalam menciptakan atau mengadopsi teknologi berbasis AI.

"Kami mengadvokasi kepentingan nasional untuk memastikan bahwa pengembangan tata kelola AI memberikan landasan bagi negara berkembang seperti Indonesia. Dan menyuarakan keprihatinan negara-negara berkembang dimana diskusi tata kelola AI harus seimbang tidak hanya pada aspek keamanan tetapi juga pada dampak ekonomi," kata Nezar dalam keterangannya.

Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Kominfo Teguh Arifiyandi berbicara mengenai 'AI dan Tata Kelola Regulasi Teknologi Baru'. Teguh juga  memaparkan mengenai macam-macam regulasi AI dan menyinggung Kebijakan Kecerdasan Buatan Kominfo yang bertujuan untuk menjamin kualitas dan keakuratan layanan AI, keamanan data pribadi, peningkatan jumlah manusia yang berkompeten di bidang AI, serta pencegahan, dan pengendalian kejahatan dunia maya. 

Sedangkan Ketua Masyarakat AI Indonesia, Lukas, berbicara tentang pengembangan AI, lanskap AI di Indonesia, personalisasi AI, dan pertimbangan etis dalam penggunaan AI. Setelah memberikan gambaran sejarah perkembangan AI, ia berbicara tentang kondisi AI di Indonesia, termasuk inisiatif pemerintah seperti Strategi Nasional Kecerdasan Buatan, memaparkan proyeksi pertumbuhan pasar AI di negara ini, dan menyebutkan faktor-faktor utama yang mendorong pengembangan dan adopsi AI.

Lukas juga menyinggung soal penggunaan AI dan analisis data untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang sangat terpersonalisasi, mengutip contoh perusahaan seperti Spotify dan Netflix, yang algoritma rekomendasinya dikenal di seluruh dunia. Terakhir, dirinya berbicara tentang pertimbangan etis utama dalam penerapan AI, yaitu transparansi, privasi, persetujuan, keamanan, akuntabilitas, pengalaman pelanggan, anonimitas, penghindaran praktik penipuan, dampak lingkungan, tanggung jawab sosial, dan aksesibilitas.

"Pertimbangan etis dalam penerapan AI sangat penting untuk membangun kepercayaan konsumen, mematuhi peraturan, dan memastikan praktik yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Perusahaan tidak hanya harus mengutamakan keuntungan tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai etika ketika memanfaatkan AI dalam usahanya," ungkapnya.

Dalam pidato utamanya, VP Strategi Yandex Search, Alexander Popovskiy mengatakan bahwa AI bertujuan membawa perubahan positif ke semua bidang kehidupan dan juga mendorong lingkungan digital yang lebih aman. Ia juga menyatakan bahwa sebagai perusahaan yang mengembangkan solusi kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, Yandex sangat tertarik dengan etika AI dan berupaya menciptakan model pembelajaran mesin (machine learning) yang bermanfaat dan berguna bagi manusia serta aman dan etis.

"Tujuan kami sepanjang seminar ini adalah untuk tidak hanya menciptakan forum untuk berbagi pengalaman yang relevan tetapi juga untuk memberikan nilai lebih pada topik AI dan perannya dalam menciptakan lingkungan teknologi yang lebih aman. Kami yakin hal ini akan berkontribusi terhadap komunitas digital dan perkembangan teknologi Indonesia secara keseluruhan," kata Alexander.

Alexander juga berbicara mengenai topik 'Etika AI Generatif: bergerak menuju lingkungan teknologi yang lebih aman'. Dia memberikan gambaran umum tentang solusi AI Yandex dan bagaimana solusi tersebut diintegrasikan ke dalam ekosistem Yandex serta berbagi prinsip yang dianut Yandex saat mengembangkan solusi kecerdasan buatan, seperti mengembangkan AI yang pengambilan keputusannya aman, mematuhi standar keselamatan, dan menciptakan konten yang tidak memihak. teknologi yang secara akurat mencerminkan kenyataan. 

Alexander juga berbicara tentang Kode Etik AI – seperangkat prinsip dan aturan panduan yang dirancang untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tepercaya untuk pengembangan AI. Menurutnya, Kode Etik ini, yang dikembangkan oleh aliansi perusahaan teknologi Rusia, negara, komunitas ilmiah, dan lembaga publik, dimaksudkan untuk memberikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan etis saat membuat dan menggunakan AI, meminimalkan penggunaan AI yang tidak etis, dan membantu mengatur hubungan antara manusia dan perusahaan yang mengembangkan solusi AI.

Saat membuat dan melatih model pembelajaran mesin, para insinyur mengandalkan berbagai prinsip, dan yang paling penting adalah keamanan. Tentu saja, keakuratan jawaban dan kegunaan jaringan saraf secara umum juga penting, namun keamanan selalu menjadi yang terdepan.

Seluruh dunia sedang mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini: kapan waktu yang tepat bagi AI untuk menjawab, dan kapan AI sebaiknya menahan diri untuk tidak memberikan tanggapan? Apa yang etis dan benar? Bagaimana cara menciptakan solusi yang benar-benar berguna? dan teknologi komprehensif tanpa mengorbankan keselamatan?

"Di Yandex, kami sangat peduli dengan pertanyaan-pertanyaan ini. Kami terus menyempurnakan model kami agar tidak hanya berguna dan efektif bagi pengguna kami tetapi juga aman," ucapnya.

Kampanye ini akan dilanjutkan dengan lebih banyak seminar tentang Kecerdasan Buatan pada tahun 2024 di universitas-universitas di Jakarta dan Bandung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement