Jumat 29 Dec 2023 13:48 WIB

PSI Diprediksi tak Lolos ke Senayan, Kaesang: Sebelum Saya Masuk Nol Koma, Sekarang Naik

Kaesang meminta agar hasil survei ini sebagai pelecut untuk kerja lebih keras.

Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep
Foto: istimewa
Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep

REPUBLIKA.CO.ID, JAkARTA -- Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, menanggapi hasil survei Center for Stategic and International Studies (CSIS) yang memprediksi PSI tidak lolos ke Senayan pada Pemilu 2024.

Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo itu menjadikan hasil survei tersebut sebagai pelecut semangat agar seluruh kader dapat bekerja lebih keras lagi sehingga partainya bisa melenggang ke parlemen. "Ya, enggak apa-apa. Akan tetapi, kami harus bekerja jauh lebih keras lagi supaya PSI lolos ke parlemen," kata Kaesang di Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Meski meraih hasil minor dalam survei, Kaesang meyakini bahwa elektabilitas PSI terus menanjak dari waktu ke waktu. Apalagi, kata dia, setelah dirinya ditunjuk menjadi ketua umum partai menggantikan Giring Ganesha, elektabilitas PSI terus meningkat.

"Semua harus tahu dahulu survei sebelum saya masuk masih nol koma. Setelah saya masuk, mulai naik satu koma, dan sekarang sudah dua koma, ya bersyukur," kata dia.

 

Sebelumnya, Rabu (27/12), Center for Strategic and International Studies (CSIS) merilis survei elektabilitas partai politik peserta pemilu.

Survei kali ini menunjukkan elektabilitas PDI Perjuangan masih teratas dengan 16,4 persen, disusul Gerindra di peringkat kedua dengan 14,6 persen, dan Golkar 11,8 persen.

Selain itu, sejumlah parpol yang dinilai populer diprediksi tidak akan masuk ke Senayan. Partai-partai tersebut di antaranya PPP yang hanya meraup 3,5 persen, Perindo 1,5 persen, PSI 1,3 persen, dan Hanura 0,8 persen.

Pemilu Anggota Legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu Anggota Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu Anggota Legislatif 2024 dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement