Kamis 28 Dec 2023 14:27 WIB

Ricuh Pemakaman Lukas Enembe, Pj Gubernur Kena Lempar Batu dan Kapolda Papua Jadi Sasaran

Saat arak-arakan dilakukan, terjadi aksi pelemparan batu oleh perusuh di pemakaman.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Teguh Firmansyah
Kericuhan di Sentani Papua saat prosesi pemakaman Lukas Enembe.
Foto:

Sedangkan Pj Gubernur Ridwan, kata Kombes Benny, dikabarkan mendapatkan perawatan di RSUD Sentani. Kombes Benny pun membantah informasi yang menyebutkan salah-satu pengawal Pj Gubernur meninggal dunia lantaran diamuk warga pelayat. “Itu tidak benar. Tidak ada korban yang meninggal,” begitu ujar Kombes Benny. 

Ia mengatakan, para pembawa jenazah menuju ke Lapangan STAKIN di Sentani untuk persemayaman sebelum berlanjut ke Koya Tengah di Jayapura. Dalam perjalanan ke lokasi persemayaman tersebut, peserta arak-arakan jenazah, pun melakukan aksi-aksi pelemparan ke petugas pengamanan, dan toko-toko yang ada di sepanjang jalan.

“Beberapa petugas, baik dari kepolisian, dan dari TNI, juga terkena pelemparan-pelemparan,” begitu ujar Kombes Benny. 

Sampai saat ini, kata Kombes Benny, pembawa jenazah Lukas Enembe, masih dalam perjalanan ke Koya-Jayapura untuk prosesi pemakaman. Polda Papua, melakukan penambahan personel keamanan di sepanjang jalan menuju lokasi pemakaman tersebut.

“Sebelumnya kita sudah siagakan 1.500 personel. Dan sekarang, kita melakukan penambahan untuk menjaga titik-titik rawan yang dilintasi rombongan pembawa jenazah,” kata Kombes Benny.

Kapolres Jayapura Kombes Victor Mackbon saat dihubungi wartawan dari Jakarta menambahkan, saat ini situasi sudah berangsur kondusif. Meskipun pengamanan ketat tetap dilakukan untuk menjaga agar kerusuhan yang sempat terjadi tak berlanjut.

“Kita sudah kordinasi dengan pihak keluarga almarhum, dan juga tokoh-tokoh masyarakat agar sama-sama untuk menjaga warganya agar tidak terprovokasi ajakan-ajakan yang tidak benar. Kita masyarakat di Papua, sama-sama berduka, jadi jangan dibuat menjadi amarah,” begitu kata Kombes Victor.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement