Jumat 29 Dec 2023 19:27 WIB

Kapolresta: Pemakaman Lukas Enembe di Jayapura Aman Meski Sempat Ricuh

Prosesi pemakaman Lukas Enembe selesai dilaksanakan sekitar pukul 15.00 WIT.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Victor Mackbon.
Foto: Antara
Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Victor Mackbon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Victor Mackbon mengatakan, pemakaman mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Papua, Jumat (29/12/2023), berlangsung aman. Meski begitu, ia mengakui, sempat terjadi kericuhan.

Prosesi pemakaman Lukas Enembe selesai dilaksanakan sekitar pukul 15.00 WIT. Kemudian, massa yang hadir meninggalkan kediaman pribadi almarhum Lukas Enembe di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Baca Juga

Bagi para pelayat yang tidak membawa kendaraan, aparat mengantar mereka menggunakan truk dan kendaraan lain yang disiapkan untuk mengantarkan para pelayat hingga ke rumah mereka. Aparat minimal membawa pelayat ke titik kumpul yang dekat rumah mereka.

"Saat ini anggota kepolisian sedang mengawal proses pemulangan mereka," kata Victor di Jayapura, Jumat. Dia menjelaskan, Polresta Jayapura menggerakkan 1.500 personel gabungan TNI-Polri untuk mengamankan hingga pemulangan warga yang melayat.

"Mudah-mudahan proses pemulangan berlangsung aman dan lancar," ucap Victor. Adapun jenazah Lukas Enembe dimakamkan di halaman kediamannya yang berlokasi di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement