Senin 20 May 2024 07:49 WIB

Menlu Bahas Palestina Bersama Presiden Majelis Umum PBB

Indonesia sambut baik disahkannya resolusi yang memberi hak-hak istimewa Palestina.

Menlu Retno Marsudi
Foto: Yasuyoshi Chiba/Pool Photo via AP
Menlu Retno Marsudi

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (SMU PBB) ke-78 Dennis Francis. Pertemuan tersebut dilakukan di sela-sela World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Menurut keterangan resmi Senin (20/5/2024), salah satu hal yang dibahas Retno dan Francis dalam pertemuan pada Ahad (19/5/2024) adalah persoalan Palestina. Terkait hal tersebut, Retno menyambut baik disahkannya Resolusi Sidang Majelis Umum PBB nomor ES 10/23 yang memberi hak-hak istimewa laksana anggota penuh untuk Palestina di Majelis Umum PBB pada 10 Mei lalu.

Baca Juga

Resolusi tersebut, ucap dia, merupakan langkah penting dalam upaya mendorong hak yang setara bagi Palestina di antara negara-negara dunia. Meski demikian, resolusi tersebut belum cukup.

Retno menegaskan, langkah selanjutnya adalah memastikan perdamaian berkelanjutan terwujud, pengiriman bantuan kemanusiaan lancar tanpa hambatan, dan Palestina meraih status keanggotaan penuh di PBB.

 

Selain itu, Retno dan Francis juga membahas persoalan multilateralisme dan perubahan iklim. Dalam hal multilateralisme, Retno mengatakan PBB harus menguatkan perannya lebih dari sekadar jangkar multilateralisme.

Ia juga menegaskan komitmen Indonesia terus mendukung terwujudnya hal tersebut. Menlu mengatakan Indonesia menyambut baik rencana penyelenggaraan Summit of the Future pada September 2024 dan berharap pertemuan tersebut membuahkan hasil konkret, termasuk dalam mendorong reformasi arsitektur multilateral dan mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Terkait perubahan iklim, Retno juga menegaskan komitmen Indonesia berkolaborasi mengatasi kenaikan laut yang sangat berdampak pada negara-negara kepulauan kecil. Oleh karena itu, Retno mengatakan Indonesia mendukung penyelenggaraan High-Level Meeting on the Sea Level Rise juga pada September mendatang dan berharap pertemuan tersebut membuahkan hasil konkret.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement