Kamis 28 Dec 2023 10:08 WIB

Mau Liburan ke Semarang? Ini Rekomendasi Tempat Wisata Hits yang Bisa Dikunjungi

Berbagai destinasi wisata telah disiapkan Pemkot Semarang untuk menyambut wisatawan.

Wisatawan menikmati suasana di kawasan wisata Kota Lama Semarang. Pemkot Semarang menyiapkan beberapa destinasi wisata untuk menyambut wisatawan pada libur akhir tahun dan juga sepanjang 2024.
Foto: ANTARA/Aji Styawan
Wisatawan menikmati suasana di kawasan wisata Kota Lama Semarang. Pemkot Semarang menyiapkan beberapa destinasi wisata untuk menyambut wisatawan pada libur akhir tahun dan juga sepanjang 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu optimistis kunjungan wisatawan ke kota tersebut akan meningkat pada akhir tahun ini bersamaan dengan momentum perayaan Tahun Baru 2024. Dia melihat, peningkatan kunjungan wisatawan di Kota Semarang sudah terlihat pada libur Natal dan diprediksi semakin meningkat menjelang akhir tahun.

"Tentu wisatawan pasti banyak meski memang pasti terpecah. Karena ada yang ke Yogya, Solo, Surabaya. Dan awalnya pasti akan ke Semarang karena jadi titik tengah," kata Hevearita, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga

Kunjungan wisatawan ke Kota Semarang pada 2022 mencapai 5,3 juta orang. Pada tahun ini Pemerintah Kota Semarang menargetkan kunjungan bisa mencapai 7,2 juta wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. "Kemarin saya monitor paling banyak yang dikunjungi adalah (sentra-Redaksi) oleh-oleh di Jalan Pandanaran. Ya, kami harapkan wisatawan bisa kerasan sampai tahun baru," katanya pula.

Berbagai destinasi wisata telah disiapkan untuk menyambut wisatawan, mulai dari wilayah barat yang menjadi pintu masuk dari perbatasan Kabupaten Kendal, yakni Taman Margasatwa Semarang Zoo dan Taman Lele. Jika menginginkan wisata sejarah, wisatawan bisa mengunjungi kawasan Kota Lama dan Museum Lawang Sewu yang berada di pusat kota. Kota Lama Semarang juga menjadi destinasi unggulan.

Masih di kawasan pusat kota, ada beberapa destinasi religi yang bisa dijangkau, seperti Gereja Blenduk di kawasan Kota Lama, Kelenteng Sam Poo Kong, dan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang. "Kalau wisata air, ada Pantai Marina, Taman Maerokoco, Pantai Tirang, dan Waduk Jatibarang. Ada juga Goa Kreo yang bisa jadi alternatif wisata alam dan sejarah," katanya lagi.

Pemerintah Kota Semarang juga telah meluncurkan Calendar of Event 2024 yang berisi puluhan kegiatan pariwisata Kota Semarang pada tahun depan, termasuk di antaranya 13 kegiatan wisata yang menjadi "The Best Event". Sebanyak 13 best event tersebut, yakni Nyadran Kali Kandri, Pasar Imlek Semawis, Dugderan, Festival Kreo, Semarang Night Carnival, Jateng Fair, Haul Ki Ageng Pandanaran, Festival Cheng Ho. Kemudian, Semarang Flower Festival, Festival Kota Lama, Semarang Agro Expo, Pertunjukan Hari Wayang, dan Semarang 10K.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement