Kamis 21 Dec 2023 20:13 WIB

Kasus Narkoba Selebgram Asal Palembang Adelia Dilimpahkan ke Kejari

Tersangka Adelia PS ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Agus raharjo
Polisi Amankan 2 Tersangka Jaringan Narkoba Fredy Pratama
Foto: republika
Polisi Amankan 2 Tersangka Jaringan Narkoba Fredy Pratama

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Berkas perkara kasus yang menjerat Selebgram asal Palembang Adelia Putri Salma dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandar Lampung dari Polda Lampung, Kamis (21/12/2023). Adelia diduga terlibat kasus peredaran narkoba jaringan internasional pimpinan Fredy Pratama.

Kepala Seksi Intel Kejari Bandar Lampung M Angga Mahatama membenarkan pelimpahan berkas perkara tersangka Adelia PS dan tersangka Albert Antara dari Polda Lampung. “Kedua tersangka ditahan 20 hari ke depan untuk selanjutnya ke persidangan,” kata M Angga Mahatama, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan, tersangka Adelia PS ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan. Sedangkan tersangka Albert Antara ditahan di Rutan Kelas I Way Hui, Lampung Selatan. Kedua tersangka dikenakan Pasal 137 huruf a,b Jo Pasal 136 Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Selain kedua tersangka Adelia dan Albert, Kejari Bandar Lampung juga menerima barang bukti yakni mobil Pajero Sport, mobil Mercedes Benz, Toyota Alphard, mobil Jaguar, mobil Toyota Innova, HP, buku rekening, dan kartu ATM.

Jaksa kejari juga menerima pelimpahan barang bukti milik selebgram Adelia berupa tas Hermes, tas LV, tas Balenciaga, sepatu, dan sandal Hermes, Gucci, LV. Kemudian kalung berlian, cincin emas, dan gelas emas.

Adelia PS ditangkap Tim Ditresnarkoba Polda Lampung saat berada di salon kecantikan di Jl Basuki Rahmat, Kota Palembang, pada 26 Agustus 2023. Adelia PS merupakan istri dari narapidana David yang divonis bersalah dalam kasus narkoba jaringan Fredy Pratama. David di penjara di Lapas Nusa Kambangan dan dititipkan di Lapas Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung untuk menjalani penyidikan di Polda Lampung.

Penyidik Ditresnarkoba Polda Lampung menyeret Adelia yang berprofesi sebagai selebgram asal Palembang karena disangka mendapat aliran dana dari suaminya David alias Khadafi dalam jaringan penyelundupan narkoba internasional yang dimotori dari dalam penjara.

Penyidik Polda Lampung telah menahan barang bukti dari rumah Adelia. Diantaranya mobil mewah Innova Reborn, Jaguar, BMW, Mercedes Benz, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Alphard.

Sedangkan tersangka Albert Antara, merupakan sepupu dari David, suami Adelia. Albert ditangkap dalam rumah David di Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu (26/8/2023). Albert ini disebut penerima aliran dana dari jaringan narkoba ke rekeningnya. Dia menguasai aset-aset hasil narkoba jenis sabu dari David.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement