Rabu 20 Dec 2023 13:53 WIB

Pengamat Nilai Dukungan JK Perkuat Anies di Indonesia Timur

Pengamat menilai Dukungan Jusuf Kalla akan memperkuat Anies di Indonesia Timur.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 M Jusuf Kalla (JK) bersama bacapres Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan. Pengamat menilai Dukungan Jusuf Kalla akan memperkuat Anies di Indonesia Timur.
Foto: Antara
Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 M Jusuf Kalla (JK) bersama bacapres Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan. Pengamat menilai Dukungan Jusuf Kalla akan memperkuat Anies di Indonesia Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam, menilai dukungan resmi dari mantan wakil presiden RI, Jusuf Kalla kepada pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dapat memperkuat elektabilitas pasangan nomor urut 1 ini. Khoirul menyebut khusus di Indonesia bagian timur, JK masih memiliki pengaruh yang sangat kuat yang dapat diarahkan untuk memilih pasangan Amin.

 

Baca Juga

“Dukungan terbuka JK akan memperkuat tim Anies-Imin. Setidaknya penguatan itu bisa terjadi pada wilayah Indonesia Timur, khususnya di Pulau Sulawesi dimana pengaruh JK cukup kuat di sana,” kata Khoirul, kepada Republika, Rabu (20/12/2023).

 

Selain punya basis yang kuat di Indonesia bagian timur khususnya Sulawesi Selatan, Khoirul juga masih Ketua Umum Dewan Masjid dan juga Ketua Palang Merah Indonesia. Sehingga ketokohan dan senioritas JK menurut dia juga akan berpengaruh kepada elektabilitas Amin. Meskipun dalam kalangan pemilh Islam, Khoirul melihat baik Anies maupun Cak Imin cukup mendapatkan tempat.

 

Lalu dari segi ketokohan yang sudah dianggap sebagai bapak bangsa, Khoirul menyebut JK dapat menjadi pengarah buat Amin dalam pembahasan isu-isu strategis. Sehingga visi misi dan program yang diusung Amin dapat terkonsep lebih matang dengan kehadiran seorang JK.

 

“JK juga bisa memperkuat Anies-Imin dengan pengalamannya sebagai Wapres 2 kali, sehingga penguasaan isu-isu strategis dan kebijakan publik bisa lebih matang dan optimal,” ujar Khoirul.

 

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, HM Jusuf Kalla menegaskan sikap politiknya mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan tagline AMIN di Pemilihan Umum Presiden 2024. JK pun berharap dukungannya ke AMIN bermanfaat.

 

"Jadi hari ini, di Makassar ini, saya menyampaikan sikap (dukung AMIN). Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk anda semua," papar Jusuf Kalla saat menghadiri acara silaturahim digelar Presidium Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan Timnas Pemenangan AMIN, di Gedung Islamic Centre IMIM, Makassar, Selasa malam.

 

Dalam kesempatannya itu, pria akrab disapa JK, bercerita bahwa Anies Baswedan boleh dikatakan adalah murid politiknya. Selama ini. ia banyak memberikan masukan terkait permasalahan bangsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement