Senin 18 Dec 2023 12:14 WIB

Hadapi Revolusi Industri 5.0, Jokowi Dorong Penguatan Kolaborasi ASEAN-Jepang

Jokowi bertemu PM Jepang minta pembangunan MRT Jakarta selesai tepat waktu.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Tokyo, Jepang.
Foto: AP Photo/Eugene Hoshiko
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Tokyo, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong penguatan kolaborasi antara ASEAN dan Jepang untuk menghadapi transformasi revolusi industri 5.0. Hal itu disampaikan Jokowi dalam agenda 3 Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang di Tokyo, Ahad (17/12/2023).

"Selama 50 tahun ini, ASEAN-Jepang telah bahu-membahu memperkokoh kemitraan dan merekatkan masyarakat melalui program beasiswa dan pertukaran pemuda serta budaya. Namun, tantangan ke depan makin kompleks," ujar Jokowi, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin (18/12/2023).

Untuk memperkuat kolaborasi, Jokowi menyampaikan sejumlah hal untuk memperkuat kerja sama antara ASEAN dan Jepang. Salah satunya, yakni dalam hal peningkatan kualitas talenta melalui kerja sama pendidikan dan pengembangan penelitian sesuai prioritas antarnegara.

"Jejaring pebisnis muda dan startups harus diperkuat dan disiapkan untuk mempercepat pengembangan ekonomi digital dan industri strategis seperti manufaktur dan semikonduktor," kata Jokowi.

Selain itu, ia juga menilai bahwa kemudahan mobilitas masyarakat juga perlu ditingkatkan. Salah satunya melalui bantuan pelatihan bahasa hingga pengakuan bersama atau mutual recognition untuk keterampilan dan akademik.

"Tahun 2030, angkatan kerja ASEAN diproyeksikan capai 385 juta jiwa, ini dapat digunakan untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja, baik terampil dan profesional di Jepang," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menilai, kerja sama di sektor pariwisata dan inovasi teknologi pun harus ditingkatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan. "Sektor pariwisata dan inovasi teknologi juga perlu terus kita tingkatkan guna mendorong mutual understanding dan pertumbuhan ekonomi di kawasan," kata Jokowi.

Dia menyampaikan, Indonesia meyakini hubungan antara ASEAN dan Jepang yang terjalin lintas generasi dan dari hati ke hati dapat menjembatani perbedaan di tengah dunia yang sedang terbelah. "The bridge to peace and prosperity for mankind. That’s what we are," ujar Jokowi.

PM Jepang...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement