Ahad 10 Dec 2023 13:59 WIB

Tim Hukum Anies-Muhaimin Siap Bantu Komika Asal Lampung yang Terjerat Kasus

Timnas Amin melalui tim hukum juga siap memberikan keterangan dan membantu Mas Aulia.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Komika asal Lampung, Aulia Rakhman meminta maaf atas materi tentang Nabi Muhammad SAW di acara Desak Anies di Bento Kopi, Bandar Lampung, Kamis (8/12/2023).
Foto: Republika.co.id
Komika asal Lampung, Aulia Rakhman meminta maaf atas materi tentang Nabi Muhammad SAW di acara Desak Anies di Bento Kopi, Bandar Lampung, Kamis (8/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Nasional Pemenangan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (timnas AMIN) menyampaikan, bakal siap memberikan keterangan mengenai kasus komika asal Lampung, Aulia Rakhman, yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW saat mengisi acara 'Desak Anies' di Kota Bandar Lampung, Kamis (7/12/2023).

Juru Bicara Anies Baswedan, Billy David Nerotumilena, mengakui, 'Desak Anies' memang merupakan acara yang diinisiasi Timnas AMIN. "Timnas AMIN melalui tim hukum juga siap memberikan keterangan, menyiapkan bahan-bahan, langkah, dan strategi jika ada eskalasi kasus dan siap membantu Mas Aulia tentunya," kata Billy saat dikonfirmasi di Jakarta, Ahad (10/12/2023).

Baca Juga

 

Billy mengatakan, Timnas AMIN menghargai proses hukum yang saat ini sedang berjalan di Polda Lampung atas dugaan pelecehan terhadap Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh komika Aulia. Dia menyebut, kasus itu menjadi bahan evaluasi Timnas Amin ke depan dalam menyusun agenda kampanye.

 

"Kami menghargai proses hukum yang berjalan yang dilakukan oleh pihak Lisan (pelapor) terhadap Mas Aulia. Menjadi koreksi untuk Timnas AMIN agar lebih selektif dan melakukan kurasi materi sebelum show dilakukan. Namun, Timnas AMIN tetap memberikan keleluasaan bagi para komika ataupun pendukung acara lain buat mempersiapkan kontennya," ujar Billy.

Dia menjelaskan, acara 'Desak Anies' sudah diselenggarakan sebanyak enam kali sebelum diadakan di Bandar Lampung. Pada preevent tiap kegiatan memang ada penampilan komika lokal tampil, termasuk Aulia di Bandar Lampung. Baru setelah itu, capres Anies berdialog bersama anak muda di lokasi.

"Materi-materi stand up juga adalah kritisi ataupun respons terhadap Pak Anies ataupun substansi terkait. Dan preevent itu diperlukan untuk ice breaking atau pencair suasana sebelum Pak Anies datang," kata Billy.

Komika dilaporkan...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement