Kamis 07 Dec 2023 00:17 WIB

Keputusan Format Debat Pilpres 2024: Capres dan Cawapres Selalu Dihadirkan Bersamaan

KPU memutuskan, capres dan cawapres saling mendampingi pada lima kali debat.

Ketua KPU RI Hasyim Asy
Foto:

KPU pun telah menyusun daftar nama tim panelis yang bertugas menyusun daftar pertanyaan untuk setiap tema debat capres dan cawapres Pilpres 2024. Kendati begitu, KPU mempersilakan tim pemenangan capres-cawapres untuk mengusulkan kandidat panelis.

"Kami memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pasangan calon nomor urut 1, 2, dan 3 untuk mengusulkan nama-nama tim panelis yang harus disampaikan kepada KPU dua hari lagi, Jumat, 8 Desember 2023," kata Hasyim.

Soal jumlah panelis pada setiap tema debat, Hasyim menyebut bahwa pihaknya belum menentukan. Namun, dia memastikan para panelis adalah orang-orang yang kompeten dalam setiap isu yang jadi tema debat.

"Panelis adalah orang-orang yang kami nilai atau anggap berkompeten sebagaimana pengetahuan dan pengalamannya di bidang yang menjadi bahan debat,” ujar Hasyim.

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan panelis yang menguasai tema, data, dan kasus faktual untuk memastikan hal-hal yang dibahas pada debat Pilpres 2024 dapat fokus pada substansi, yakni hukum dan hak asasi manusia (HAM). 

"Kami ingin memastikan subtansinya masuk, bukan siapa yang menjadi panelisnya. Panelis mampu membandingkannya dengan data-data dan kasus-kasus faktual," kata Usman di Kantor KPU, Jakarta, Rabu.

 Usman ingin memastikan debat tersebut tidak hanya sekadar formalitas, melainkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada pemilih. Amnesty International Indonesia menyebut kehadiran panelis yang dapat menyajikan data yang lengkap menjadi kunci utama dalam merinci suatu kasus.

 

photo
Komik Si Calus : Netral - (Republika/Daan Yahya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement