Kamis 07 Dec 2023 00:17 WIB

Keputusan Format Debat Pilpres 2024: Capres dan Cawapres Selalu Dihadirkan Bersamaan

KPU memutuskan, capres dan cawapres saling mendampingi pada lima kali debat.

Ketua KPU RI Hasyim Asy
Foto:

KPU membuka peluang bagi Youtuber dan konten kreator menjadi moderator. Hasyim menjelaskan, moderator bertugas memoderasi jalannya debat antarcapres atau antarcawapres.

Dalam setiap lima debat yang digelar KPU, akan ada dua moderator yang terdiri atas perempuan dan laki-laki. Hasyim menyebut, pihaknya masih menimbang-nimbang siapa yang tepat menjadi moderator. Karena itu, KPU mempersilakan tim sukses tiga pasangan capres-cawapres untuk mengusulkan calon moderator hingga Jumat (8/12/2023).

Ketika ditanya apakah moderator adalah jurnalis seperti debat-debat sebelumnya, Hasyim tak memberikan jawaban lugas. Dia hanya mengatakan bahwa yang akan menjadi moderator adalah orang yang sudah biasa tampil di hadapan kamera.

"Ya ada kemungkinan (youtuber dan konten kreator), tapi intinya kan karena ini yang akan menyiarkan televisi, kira-kira orang yang friendly dan familiar lah dengan kamera televisi," kata Hasyim usai rapat penentuan format debat dengan perwakilan tim sukses di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Hasyim memastikan bahwa sosok yang terpilih sebagai moderator adalah orang-orang yang menguasai isu-isu terkait tema debat. Dia juga menyebut bahwa moderator nantinya akan bisa melemparkan pertanyaan pendalaman kepada capres ataupun cawapres.

Masih terkait pelaksanaan debat, Hasyim menyebut setiap pasangan capres-cawapres hanya boleh membawa 50 orang. Hanya 50 orang yang memiliki undangan itulah yang boleh masuk ke arena debat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement