Selasa 10 Sep 2024 14:00 WIB

Paslon Respati-Astrid Blusukan Kampung di Solo Ditemani Gibran

Gibran mendorong pasangan Respati-Astrid sering turun ke bawah menyerap aspirasi.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Erik Purnama Putra
Paslon Respati Ardi-Astrid Widayani blusukan didampingi Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka di Kampung Mutihan, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/9/2024).
Foto: Republika/Alfian choir
Paslon Respati Ardi-Astrid Widayani blusukan didampingi Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka di Kampung Mutihan, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka mendampingi pasangan calon (paslon) Respati Ardi-Astrid Widayani blusukan di Kampung Mutihan, Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/9/2024) sekitar pukul 10.50 WIB. Gibran tampak ikut mendampingi dan bersalaman dengan warga bersama pasangan Respati-Astrid.

Ketiganya berjalan menyusuri Kampung Mutihan yang padat penduduk tersebut sembari menyapa warga yang telah menunggu kedatangan mereka. Respati mengatakan, agenda bersama Gibran dilakukan karena mantan wali kota Solo tersebut kebetulan sedang pulang kampung ke Solo.

Baca Juga

"Barengan, pas beliau (Gibran) ada di Solo yok kita menyapa warga dan lebih mengenal masyarakat," katanya kepada wartawan di lokasi, Selasa.

Menurut Respati, kegiatan tersebut sebagai upaya mendengarkan keluhan warga secara langsung. "Menyapa warga silaturahim mendengar keluhan warga kota pengen lebih dekat lagi dengan masyarakat dan pengen denger apa yang dikeluhkan masyarakat," katanya.

Respati pun berharap, dengan adanya Gibran mendampingi saat blusukan karena menganggap putra sulung presiden Jokowi tersebut sebagai role model pempinan yang layak diteladani. "Mas Gibran mentor saya dan mantan wali kota dan harus ada role model kalau memimpin kota," kata ketua Hipmi Kota Solo tersebut.

Respati mengungkapkan, ia mendapatkan pesan dari Gibran untuk lebih dekat dan peka dakam mendengarkan persoalan masyarakat. Hal itu pun akan dilakukannya selama berinteraksi dengan warga. "Lebih dekat dengan masyarakat lebih peka kepada masyarakat. Tadi ada keluhan dari RT terkait anggaran RT," ujar Respati.

Sementara itu, Gibran menjelaskan, keikutsertaannya dalam blusukan bareng tersebut karena ia sedang pulang kampung ke Solo. Saat ini, Gibran sudah menetap di Jakarta sejak melepas jabatan sebagai wali kota Solo pada medio Juli lalu. "Mampir aja kebetulan balik Solo," katanya.

Ditanya apakah sudah ada janji blusukan bersama pasangan Respati-Astrid, Gibran tak menjawab gamblang. Dia malah menceritakan pengalamannya menyusuri kampung tersebut. "Kebetulan di sini ada salah satu lokasi yang saya ingat banget itu ada warung yang dirusak ormas dan ada atensi khusus dari kami tapi warungnya sudah kembali normal," kata putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

Gibran malah menilai, pasangan Respati-Astri sebagai sosok calon wali kota dan wakil wali yang mewakili anak muda dan memiliki pengalaman berorganisasi. Dia pun mendorong keduanya agar giat turun ke bawah menyerap aspirasi masyarakat.

"Mas Respati, Mbak Astrid dua duanya anak anak muda punya pengalaman organisasi dan yang paling penting itu tadi punya keinginan untuk turun langsung menyerap aspirasi warga dan sekali lagi ini tempat yang kita berikan atensi khusus karena Itu tadi ada warung yang dirusak ormas tapi sekarang sudah aman semua," ujar Gibran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement