Rabu 06 Dec 2023 11:01 WIB

RSUP dr Ben Mboi Diklaim Jadi RS Terbesar di Indonesia Timur

Jokowi berpesan RSUP dr Ben Mboi bisa menambah sumber daya manusia.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus raharjo
Presiden Joko Widodo (Jokowi)di Kompleks Pergudangan Danga, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (5/12/2023).
Foto: Dok Muchlis Jr/Biro Pers Sekreta
Presiden Joko Widodo (Jokowi)di Kompleks Pergudangan Danga, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (5/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Ben Mboi di Kupang, NTT, Rabu (6/12/2022). Rumah sakit ini diklaim menjadi yang terbesar di Indonesia Timur, khususnya Nusa Tenggara Timur.

"Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia-Nya pada pagi hari ini kita segera akan meresmikan rumah sakit umum pusat RSUP dr Ben Mboi. Ini adalah rumah sakit terbesar di Indonesia bagian timur, utamanya di Nusa Tenggara Timur," kata Jokowi dalam sambutannya, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga

Rumah sakit ini dibangun dengan anggaran sekitar Rp 420 miliar, dengan persetujuan dari DPR RI. RSUP dr Ben Mboi dibangun di atas lahan seluas 14 hektare dengan luas bangunan mencapai 35 ribu meter persegi.

"Terima kasih Pak Melky dari pimpinan DPR RI yang juga hadir," tutur dia.

 

Jokowi mengatakan, rumah sakit ini memiliki peralatan kesehatan yang sangat modern, baik MRI, hingga CT scan. Jokowi pun berharap, pengoperasian peralatan super modern di rumah sakit ini bisa bekerja sama dengan rumah sakit yang lain.

Ia juga berpesan agar seluruh fasilitas dan peralatan di rumah sakit tersebut bisa dijaga dan dirawat. Sehingga pembangunan RSUP dr Ben Mboi ini bisa membantu meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat sekitar.

"Ada tadi seperti apa CT scan satu alat saja tadi saya tanya ke Pak Menkes Rp 20 miliar. Ini yang harus terus kita rawat dan semoga ini menjadi infrastruktur kesehatan di NTT dan juga bisa meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tidak usah jauh-jauh ke Jakarta, cukup di sini semuanya bisa ditangani," ujar Jokowi.

Selain itu, ia juga berpesan agar RSUP dr Ben Mboi bisa menambah sumber daya manusia, utamanya dokter spesialis dan subspesialis. Sehingga kekurangan tenaga dokter pun bisa terpenuhi.

"Yang paling penting juga penambahan SDM utamanya yang dokter spesialis dan subspesialis segera memang harus dikejar agar kekurangan yang ada bisa segera dipenuhi," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement