Selasa 05 Dec 2023 13:53 WIB

Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar NTT, Jokowi Senang Harga Murah

Kata Jokowi, murahnya harga bahan pangan di Danga karena produksi di sana baik.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fuji Pratiwi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada sejumlah keluarga penerima manfaat (KPM) di Kompleks Pergudangan Danga, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (5/12/2023).
Foto: Dok Muchlis Jr/Biro Pers Sekreta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada sejumlah keluarga penerima manfaat (KPM) di Kompleks Pergudangan Danga, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (5/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Danga, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (5/12/2023). Dalam keterangannya usai peninjauan, Jokowi menyampaikan, kondisi harga sejumlah bahan pokok di Pasar Danga masih stabil dan terpantau lebih murah dibandingkan di berbagai daerah di Jawa.

Salah satunya, yakni komoditas cabai yang masih berada di harga Rp 50 ribu per kilogram. "Saya ke Pasar Danga di Kabupaten Nagekeo ini untuk ngecek itu (harga pangan), tapi saya senang cabai yang di Jawa sekarang harganya Rp 80 (ribu) sampai Rp 100 (ribu), di sini hanya Rp 50 ribu," kata Jokowi, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Baca Juga

Selain itu, harga bawang merah di pasar tersebut juga terpantau lebih murah yakni sebesar Rp 15 ribu per kilogram. Menurut Jokowi, masih terjangkaunya harga sejumlah bahan pokok karena produksinya masih cukup baik di Kabupaten Nagekeo.

"Bawang merah juga di Jawa Rp 24 ribu, Rp 26 ribu, di sini Rp 15 ribu karena memang produksinya menurut saya baik, bawang merah ada ditanam di sini, cabai rawit juga ditanam di sini, jadi harganya baik," ujarnya.

 

Selain mengecek harga kebutuhan pokok, Jokowi juga membagikan sejumlah bantuan dan sembako kepada masyarakat dan pedagang di sekitar. Jokowi pun tampak membeli sejumlah produk yang dijual oleh pedagang di Pasar Danga, salah satunya mangga.

"Ini beli mangga. Mangga ada lima kumpul, saya minta hanya Rp 40 ribu. Tadi Bapak kasih uang Rp 200 ribu," ujar Martina seorang penjual buah dan sayur yang dihampiri Presiden.

Martina pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jokowi karena telah membeli buah dagangannya yang merupakan rezeki bagi dirinya. "Saya terima kasih kepada Bapak Presiden karena ini hari tidak sangka-sangka Bapak Presiden kasih saya rezeki," kata dia.

Senada, Ernasiana, penjual tempe yang dihampiri oleh Presiden juga turut bercerita dirinya merasa senang karena Presiden membeli lima buah tempe secara langsung kepadanya. "Beli lima, satunya lima ribu, kami dapat Rp 200 ribu. Luar biasa pak, senang kita ini," ujarnya.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungannya, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, dan Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement