Senin 04 Dec 2023 17:08 WIB

BMKG: 2 Kabupaten di Lampung Masuk Periode Curah Hujan Tinggi

Dua kabupaten di Lampung tercatat memiliki potensi curah hujan lebih tinggi.

Warga melintasi banjir (ilustrasi). BMKG Lampung mencatat dua kabupaten sudah memasuki periode musim hujan dengan curah hujan tinggi.
Foto: Antara/Ardiansyah
Warga melintasi banjir (ilustrasi). BMKG Lampung mencatat dua kabupaten sudah memasuki periode musim hujan dengan curah hujan tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung mencatat dua kabupaten di provinsi ini sudah memasuki periode musim hujan dengan curah hujan tinggi

"Kabupaten Pesisir Barat dan Lampung Utara sudah lebih awal masuk musim hujan dengan curah tinggi," kata Kepala Stasiun Maritim BMKG Lampung Tarjono di Bandarlampung, Senin (4/12/2023).

Baca Juga

Menurut dia, saat ini Provinsi Lampung memang sudah memasuki peralihan dari musim kemarau ke penghujan, namun dua daerah tersebut memiliki potensi curah hujan yang lebih tinggi dibanding wilayah lainnya. "Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di lautan untuk update informasi dari BMKG dan tidak memaksakan pergi melaut bila cuaca buruk," kata dia.

Tarjono pun mengatakan bahwa BMKG selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait prakiraan cuaca di Lampung, sehingga dapat dilakukan langkah-langkah mitigasi oleh pemerintah daerah. "Untuk mitigasi itu ada di pemda atau Basarnas, kami hanya memberikan informasi dan prakiraan cuaca kepada mereka," kata dia.

 

Ia pun berharap setelah memberikan informasi ke Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di masing-masing wilayah pemda dapat menindaklanjutinya. "Jadi setelah informasi sudah kami sampaikan, pemda bisa langsung melakukan antisipasi dan mitigasi potensi bencana akibat cuaca ekstrem," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement