Senin 04 Dec 2023 15:41 WIB

In Memoriam Doni Monardo: Pantang Pulang Saat Jadi Panglima Perang Melawan Pandemi Covid

Saat pandemi Covid, Doni Monardo berkantor di BNPB dan tidak pernah pulang ke rumah.

Sejumlah prajurit TNI mengusung peti jenazah Mantan Kepala BNPB Letjen (Purn) Doni Monardo saat prosesi pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Senin (4/12/2023). Doni Monardo terakhir menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) periode 2021- 2026 yang juga dikenal sebagai Ketua Satgas Covid-19 tersebut wafat setelah menjalani perawatan intensif karena sakit di RS Siloam Jakarta
Foto:

Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto menilai almarhum Doni Monardo sebagai sosok prajurit panutan bagi junior-juniornya. Pernyataan itu disampaikan oleh Panglima TNI sesaat setelah meminpin proses upacara pemakaman almarhum di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023).

“Beliau itu sosok yang menjadi prajurit panutan adik-adiknya. Dulu saya pernah operasi bareng waktu Operasi Seroja di Tim-Tim pada 1995 beliau pangkat kapten, saya letnan dua. Kemudian juga beberapa kegiatan yang bareng waktu saya Danjen di Bogor, beliau kepala BNPB menangani Covid-19 bersama-bersama,” kata Agus di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023).

Agus melanjutkan, pertemuan terakhir dengan almarhum pada saat menyiapkan tanaman untuk di Ibu Kota Negara (IKN) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama-sama melakukan penyemaian pohon di Cibubur, Jakarta Timur, beberapa bulan lalu. Ketika itu dirinya masih menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad). 

“Beliau itu smart, kita jarang mempunyai prajurit seperti almarhum, tadi saya sampaikan beliau itu panutan adik-adiknya. Kalau beliau kerja itu fokus. Sehingga setiap kegiatan bisa ada target yang berhasil,” tutur Agus.

Upacara pemakaman almarhum almarhum Doni Monardo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan berlangsung dengan khidmat, pada Senin (4/12/2023). Pemakaman almarhum Doni Monardo, dipimpinan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

 

Iring-iringan jenazah tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 10.58 WIB, usai jenazah almarhum Doni Monardo disemayamkan terlebih dulu di Balai Komando, Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Keluarga hingga kerabat tampak ikut mengantar Doni menuju tempat peristirahatan terakhirnya di TMP Kalibata. Setibanya di lokasi, jenazah kemudian dibawa menuju tempat pemakaman dengan prosesi upacara militer. 

Para petugas upacara dari personel TNI berbaris dilengkapi dengan tim drum band yang mengiringi jenazah dengan peti  putih berbalut bendera merah putih. Kemudian setelah tiba hadapan liang lahat, dilakukan upacara penghormatan terakhir. Lalu tembakan salvo juga mengiringi proses peristirahatan terakhir Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) tahun 2014-2015. 

Doni Monardo meninggal dunia di usia 60 tahun pada Ahad (3/12/2023) sore ini pukul 17.35 WIB di RS Siloam Semanggi, Jakarta Selatan. Selamat jalan, Doni Monardo.

In Picture: Suasana Mendung Mengiringi Pemakaman Mantan Kepala BNPB

 

photo
Sejumlah prajurit TNI mengusung peti jenazah Mantan Kepala BNPB Letjen (Purn) Doni Monardo saat prosesi pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Senin (4/12/2023). Doni Monardo terakhir menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) periode 2021- 2026 yang juga dikenal sebagai Ketua Satgas Covid-19 tersebut wafat setelah menjalani perawatan intensif karena sakit di RS Siloam Jakarta - (Republika/Prayogi)

 

 

Sebelumnya almarhum Doni Monardo meninggal dunia pada Ahad (3/12/2023) sore ini pukul 17.35 WIB di RS Siloam Semanggi, Jakarta Selatan. Almarhum meninggal dunia karena sakit yang dideritanya. Prosesi pemakaman almarhum Doni Monardo selesai sekitar pukul 11.45 WIB dengan diakhiri prosesi tabur bunga. (Ali Mansur)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement