Senin 04 Dec 2023 13:38 WIB

BPBD: 6 dari 29 Pendaki Gunung Marapi Asal Riau Belum Dievakuasi

Tercatat sebanyak 75 orang yang melakukan pendakian Gunung Marapi saat erupsi.

Beberapa pendaki Gunung Marapi yang digiring turun oleh BKSDA dan Basarnas, Ahad (8/1/2023)
Foto: Dokumentasi BKSDA Sumbar
Beberapa pendaki Gunung Marapi yang digiring turun oleh BKSDA dan Basarnas, Ahad (8/1/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menyebutkan ada 29 pendaki asal provinsi itu. Jumlah pendaki asal Riau itu termasuk dalam 75 orang yang mendaki Gunung Marapi di Sumatra Barat yang mengalami erupsi pada Ahad (3/12/2023) pukul 14.54 WIB.

"Tadi kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Sumatra Barat, masih ada enam pendaki asal Riau yang belum turun," ujar Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi ​​​​​​​ BPBD Riau Rozita Rozita dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin (4/12/2023).

Baca Juga

Rozita menyebutkan daftar pendaki yang dilaporkan berasal Riau dan sudah turun dari Gunung Marapi antara lain Elika Maharani, Dewi Anggraini, Naomi Joana Simanjuntak, Sri Wahyuni, Benget Hasiholan Maremare, Lolita Veronica, Diyah Surya Purnama Sari, Syaiful Anwar, Ahmad Albar, Lidia Fatmasari, Brima Danu, Ikhwanudin, Firnando Situmorang, Iqbal, Jeni, Toni Alifian, Al Fajri, Selastri Anggini, dan Nur Rizki. Mereka semua sudah turun.

Sedangkan yang belum turun antara lain adalah Nazatra Adzin Mufadhal, M Wilki Saputra, M Ridho Kurniawan, Ilham Nanda Bintang, dan M Adhan.

 

Sebelumnya petugas pemantau Gunung Merapi Ahmad Rifandi mengatakan erupsi terjadi pada Ahad (3/12/2023) pukul 14.54 WIB. Tinggi kolom letusan teramati sekitar 3.000 meter di atas puncak atau sekitar 5.891 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur.

"Masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius tiga kilometer dari kawah/puncak," katanya.

Berdasarkan data, katanya, Gunung Marapi merupakan salah satu gunung aktif di Sumatera Barat. Gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, dengan ketinggian 2.891 mdpl.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement