Ahad 03 Dec 2023 21:32 WIB

UI Pertahankan Posisi Pertama pada Pemeringkatan UI GreenMetric 2023

Secara keseluruhan, kampus-kampus di Indonesia semakin hijau.

Hutan Danau UI
Foto: Repubika/Agung Fatma Putra
Hutan Danau UI

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) berhasil mempertahankan posisinya pada peringkat pertama dari 145 universitas di Indonesia versi UI GreenMetric 2023.

"Saya sangat senang karena secara keseluruhan kampus-kampus di Indonesia memiliki score GreenMetric yang semakin tinggi. Artinya, kampus-kampus kita semakin hijau, mandiri energi, hemat air, serta mampu mengurangi dan mengelola sampahnya dengan semakin baik," kata Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Prof Ir Nizam dalam keterangannya yang diterima di Depok, Ahad (3/12/2023).

Baca Juga

Sementara, pengumuman peringkat UI GreenMetric 2023 untuk tingkat dunia akan diumumkan pada Selasa, 5 Desember 2023 di Palm Jumeirah, Dubai, Uni Emirat Arab. Prof Nizam mengapresiasi UI GreenMetric yang selama 13 tahun telah menghadirkan kesadaran pada universitas untuk mewujudkan kampus yang hijau, nyaman, dan sehat bagi sivitas akademika.

Pemeringkatan ini secara tidak langsung menunjukkan universitas mana saja yang peduli terhadap lingkungan, baik dalam hal konservasi air, konservasi energi, maupun pengelolaan limbah dan lingkungan.

 

Pemeringkatan yang dilakukan oleh UI GreenMetric didasarkan pada enam kriteria, yakni Setting and Infrastructure (15 persen), Energy and Climate Change (21 persen), Waste (18 persen), Water (10 persen), Transportation (10 persen), dan Education and Research (18 persen).

Keenam kriteria tersebut memiliki indikator masing-masing untuk mengukur beberapa hal, seperti profil zonasi universitas, tingkat ruang hijau, jejak karbon, transportasi, penggunaan air, pengelolaan limbah, pengaturan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, serta pendidikan dan penelitian yang berdampak.

Kepala UI GreenMetric Prof Riri Fitri Sari menyebutkan pada UI GreenMetric Service Package tahun ini, banyak sekali universitas di Indonesia yang mencapai rating sangat luar biasa.

"Kami melihat perubahan mengenai green dan sustainable kampus itu ada di Indonesia. Saat melakukan penilaian dan visitasi ke berbagai kampus, terlihat sekali apa yang dilakukan oleh universitas-universitas di Indonesia sangat luar biasa," katanya.

Bahkan, dari trees rating 1-5, banyak sekali yang mencapai 4,5. Beberapa universitas yang mencapai trees rating 4,5 yakni UI, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, IPB University, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Airlangga.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement