Ahad 03 Dec 2023 19:07 WIB

Tarian Indonesia Meriahkan Peluncuran Maskot Piala Asia 2024 di Doha

Puspa Qinarya pernah menampilkan tarian Indonesia menyambut Piala Dunia tahun lalu.

Kelompok tari Indonesia di Qatar, Puspa Qinarya, menampilkan tarian Lenggang Nyai dari Betawi pada peluncurakn maskot Piala Asia 2024 pada 1 Desember 2023 lalu.
Foto: KBRI Doha
Kelompok tari Indonesia di Qatar, Puspa Qinarya, menampilkan tarian Lenggang Nyai dari Betawi pada peluncurakn maskot Piala Asia 2024 pada 1 Desember 2023 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Tarian Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari kawasan Asia Tenggara yang terpilih untuk ditampilkan dalam acara peluncuran maskot Piala Asia 2024 di Qatar. Peluncuran maskot bernama Jerboa tersebut dilakukan di jantung kota Doha, Qatar pada tanggal 1 Desember 2023. Dalam kesempatan tersebut, Indonesia menampilkan tarian Lenggang Nyai dari Betawi yang dibawakan oleh kelompok tari Indonesia di Qatar, Puspa Qinarya. 

"Ini adalah kebanggaan bagi kami, karena tidak semua kelompok tari di Qatar mendapatkan kesempatan ini. Bahkan tidak semua kontestan Piala Asia mendapat peluang ini. Pihak penyelenggara melakukan kurasi dengan ketat.," kata Ketua Sanggar Puspa Qinarya, Margie Azis, dalam siaran pers, Ahad (3/12/2023).

Puspa Qinarya adalah salah satu kelompok tari yang telah banyak terlibat dalam menampilkan tarian Indonesia di Qatar. Kelompok ini misalnya tampil dalam ajang Flag Plaza Festival yang merupakan festival dalam rangka menyambut Piala Dunia tahun lalu. 

"Kami akan memanfaatkan setiap jengkal pagelaran Piala Asia untuk melakukan promosi Indonesia di Qatar," ungkap Duta Besar RI di Qatar, Ridwan Hassan. Indonesia telah menyiapkan serangkaian kegiatan promosi dalam rangka menyambut pesta sepak bola terakbar se-Asia tersebut seperti pagelaran tari dan mini turnamen olahraga. 

 

Sebagaimana diketahui, tahun depan Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Asia dua kali. Untuk kategori senior, turnamen akan digelar pada bulan Januari-Februari 2024, sementara untuk kategori U-23 bakal digelar pada bulan April-Mei 2024. Pada kedua gelaran olahraga tersebut, KBRI Doha menargetkan Indonesia dapat sukses prestasi sekaligus sukses promosi. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement